Anjing Pelacak Dilatih Buru Barang Bukti Flashdisk dan MicroSD

Rabu, 04 Okt 2017 | 21.00 WIB

Anjing Pelacak Dilatih Buru Barang Bukti Flashdisk dan MicroSD

anjing-anjing pelacak USB Drive (DevonCornwallPolice)


Centroone.com - Di era digital dan kemajuan teknologi,  para penjahat pun ikut mengikuti perkembangan jaman. Para pelaku kriminal banyak memanfaatkan teknologi untuk memudahkan mereka kabur atau menghindar dari "endusan" aparat penegak hukum. 

Untuk memudahkan proses menemukan bukti digital ini, anjing-anjing di Inggris dilatih untuk mengendus flash disk, kartu MicroSD dan hard disk. Program ini masih dalam tahap uji coba dan sebenarnya dipelopori oleh pihak berwenang di Amerika Serikat. 

Anjing-anjing pelacak ini berasal dari satuan polisi Devon and Cornwall Police dan Dorset Police.  Adapun anjing-anjing pelacak tersebut dilatih khusus oleh pelatih yang didatangkan dari agen federal Amerika Serikat (FBI). 

Dengan anjing yang bertugas mengendus perangkat digital ini kasus penipuan online, teroris dan yang terpenting adalah pedofilia yang bisa dipecahkan. Bahkan anjing pun bisa mendeteksi keberadaan penyimpanan digital tersembunyi setelah polisi manusia gagal mendeteksinya.

Para penjahat memang sering memanfaatkan flash disk dan kartu MicroSD untuk menyimpan bukti-bukti kejahatan mereka.  Barang-barang bukti tersebut karena kecil terkadang sulit untuk ditemukan, meskipun sangat dibutuhkan oleh pengadilan sebagai alat untuk menjerat para pelaku kejahatan.  by