Pegang Smartphone Lebih Dari 5 Jam Sehari, Ini Bahayanya!

Selasa, 31 Okt 2017 | 15.00 WIB

Pegang Smartphone Lebih Dari 5 Jam Sehari, Ini Bahayanya!

ilustrasi (pexels)


Centroone.com - Penelitian terbaru ahli saraf Inggris menemukan hampir setengah dari remaja yang menggunakan perangkat elektronik selama lima jam atau lebih dalam sehari berisiko mengidap sindrom 'rongga Carpal' atau nyeri pergelangan tangan yang parah.

Menurut laporan DailyMail, sindrom ini terjadi ketika saraf median di pergelangan tangan terjepit karena rongga di sendi pergelangan tangan menjadi semakin sempit. ronggaitu sendiri "bertugas" memberikan sandi dan perlindungan kepada delapan saraf median ke bagian tangan.

Tekanan pada saraf median ini akan menyebabkannya tidak berfungsi dengan normal serta menimbulkan rasa sakit dan mati rasa, selanjutnya melemahkan bagian tangan. Gejalanya dimulai secara perlahan dengan rasa sakit pada bagian pergelangan tangan yang dapat melarat ke bagian tangan dan lengan.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Muscle and Nerve menunjukkan gerakan berulang melibatkan jari dan pergelangan tangan ketika menggunakan perangkat elektronik akan kompres saraf median yang melalui tangan sehingga menyebabkan masalah kebas, sengal serta kerusakan saraf permanen.

"Sebelumnya kita hanya melihat cedera akibat ketegangan saraf berulang pada mereka yang menggunakan mouse dan keyboard di tempat kerja, namun kini penyakit tersebut semakin menular di kalangan generasi muda akibat perkembangan pesat smartphone serta tablet.

"Ini adalah tantangan baru abad ke-21 dan saya akan mendorong siapapun yang mengalami gejala panas seperti terbakar pada bagian saraf dan sering merasa kebas agar segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan," jelas Direktur Ulasan Arthritis UK, Dr. Stephen Simpson.

Gejala paling parah bagi sindrom rongga Carpal bisa terjadi pada individu yang menggunakan berbagai perangkat dalam satu waktu atau sering menggunakan smartphone mereka dengan hanya satu tangan. by