Menginspirasi Sekaligus Berdonasi di Hari Sumpah Pemuda

Sabtu, 28 Okt 2017 | 23.00 WIB

Menginspirasi Sekaligus Berdonasi di Hari Sumpah Pemuda

Pihak Semen Indonesia memberi bantuan ke Unpatti Ambon. (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Sebagai bagian dari program ‘BUMN Hadir Di Kampus’, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk bersinergi dengan enam BUMN yakni PT Adhi Karya, PT Periknus, PT Perindo, PT Jakarta Loyd, PT Abipraya dan PT KBN hadir di Kampus Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Sabtu (28/10/2017). Program ini merupakan kegiatan Kementerian BUMN.

Acara ‘BUMN Hadir Di Kampus’ digelar di auditorium Unpatti Ambon dengan kemasan diskusi dan kuliah umum. Hadir dalam acara ‘BUMN Hadir Di Kampus’ Hambra Samal selaku Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Direktur Enjiniring dan Proyek PT Semen Indonesia Tri Abdisatrijo serta Direktur Utama beberapa BUMN.

Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan serentak di 28 perguruan tinggi di Indonesia bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda. Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada civitas akademika tentang kondisi perekonomian nasional serta peran strategis BUMN dalam pembangunan ekonomi nasional.

“Civitas akademika menjadi tujuan kegiatan karena para mahasiswa merupakan bagian penting dari generasi penerus bangsa yang diharapkan mampu mengubah bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik, bangsa yang adil, makmur serta sejahtera. Selain itu kami ingin para mahasiswa lebih mengenal BUMN, memahami peran, serta visi dan misi BUMN, kemudian menjadi bagian dari program-program BUMN ke depan,” ujar Hambra Samal.

Banyak tantangan agar masyarakat Indonesia bisa maju dan berkembang serta menjadi besar negara terkuat di dunia dari sisi ekonomi pada tahun 2040-2045. Tantangan tersebut meliputi inequality development, ketahanan energi dan pangan, infrastruktur dan industri dasar, akses layanan keuangan serta Sumber Daya Manusia. 

“Untuk itu para generasi muda kita inilah nantinya yang akan mengatasi permasalahan tersebut dan memastikan bahwa negara kita mampu menjadi salah satu negara besar,” ungkap Hambra.

Sementara Direktur Enjiniring dan Proyek Semen Indonesia Tri Abdisatrijo mengatakan, selain mengajar dan berdiskusi dengan dosen dan mahasiswa, pada kegiatan ini PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan Unpatti menandatangani nota kesepahaman terkait kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Dalam Kegiatan ini, Semen Indonesia juga memberikan bantuan senilai Rp150 juta, dan gabungan enam BUMN memberikan bantuan senilai Rp450 juta. Bantuan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan di Unpatti. Selain itu gabungan BUMN ini juga memberikan bantuan berupa beasiswa kepada 40 siswa beprestasi, bantuan Laptop serta bantuan operasional kendaraan roda dua.

Sementara di ITS, kegiatan yang sama juga menghadirkan Sekretaris Kementerian BUMN, Direktur Utama (Dirut) PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Nindya Karya (Persero). Mengusung tema BUMN Membangun Ekonomi Berkeadilan, acara yang dihelat di Gedung Pusat Robotika ITS ini diikuti hampir 2.000 mahasiswa. Mahasiswa yang rata-rata merupakan mahasiswa baru ini berasal dari berbagai departemen yang ada di ITS. Sebagian juga merupakan mahasiswa dari mata kuliah Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh UPT Sosial Humaniora ITS.

Para pembicara yang memberikan materi kuliah antara lain Imam Apriyanto Putro selaku Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Prof Dr Ketut Buda Artana ST MSc selaku Wakil Rektor ITS Bidang penelitian, Inovasi dan Kerjasama, Aas Asikin Idat selaku Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), dan  Indradjaja Manopol selaku Direktur Utama PT Nindya Karya (Persero). (windhi/by)