Dewan Sahkan Payung Hukum Sister City Surabaya-Liverpool

Senin, 23 Okt 2017 | 20.30 WIB

Dewan Sahkan Payung Hukum Sister City Surabaya-Liverpool

Gedung DPRD Surabaya (Centroone)



Centroone.com - Kerjasama sister city antara Pemkot Surabaya dengan Kota Liverpool, Inggris, dalam waktu dekat akan terwujud. Ini setelah DPRD Surabaya menyetujui usulan pemkot tentang kerjasama tersebut. 

Panitia Khusus (Pansus) yang sudah dibentuk DPRD Surabaya pada Senin (23/10/2017) telah menyampaikan persetujuannya dalam paripurna. Namun ada beberapa catatan yang harus dipenuhi dalam kerjasama sister city itu.

Ketua Pansus pembahasan hubungan kerjasama dua pemeritahan
kota, Akhmad Zakaria dalam sidang itu menegaskan, dengan disetujuinya hubungan ini, maka akan dilanjutkan dengan pembuatan nota kesepahaman.

“Kerjasama yang dilakukan harus sesuai dengan bidang yang dibolehkan dikelola oleh Pemkot Surabaya sebagaimana tertuang dalam UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah. Bidang itu adalah pendidikan, kesehatan, budaya, pariwisata, home industry, ekonomi kreatif, smartcity, pengembangan SDM baik aparatur maupun masyarakat,” tukas Zakaria.

Yang jelas kerjasama ini harus menguntungkan kedua belah pihak. Tidak hanya satu pihak saja. Pansus juga meminta agar Surabaya tidak hanya belajar ke sana, melainkan juga mensyaratkan mereka untuk datang ke Surabaya, sebagai wisatawan maupun kerjasama tertentu. 

“Dalam kerjasama ini jangan sampai menghilangkan budaya ketimuran Indonesia, karena kerjasama ini beda budaya. Kami meminta Pemkot melakukan pelaporan secara periodik ke dewan atas hasil kerjasama sister city dengan Liverpool ini,” katanya. (windhi/by)