Kalah Banding, Denda Apple Makin Besar

Jumat, 20 Okt 2017 | 13.31 WIB

Kalah Banding, Denda Apple Makin Besar

sejumlah perangkat Apple (pexels)


Centroone.com - Kasus hukum dengan tuduhan pelanggaran hak paten antara VirnetX dan Apple yang mestinya berakhir pada tahun 2016 terus berlanjut. 

Sejak pertama kali kasus ini disidangkan pada tahun 2010, bulan Oktober tahun lalu akhirnya pengadilan memerintahkan Apple untuk membayar kompensasi sebesar USD 302,4 juta terkait tuduhan VirnetX kepada Apple. VirnetX menyebut Apple melanggar paten keamanan online mereka yang digunakan pada aplikasi seperti iMessage.   

Terkait hukuman itu, Apple telah mengajukan banding. Namun banding Apple ditolak oleh pengadilan dan bahkan pengadilan  menambah jumlah denda menjadi USD 439,7 juta. Dimana Apple diharuskan menambah royalti menjadi 50 persen. Penambahan itu sendiri, menurut pengadilan, dilakukan karena produk Apple yang menggunakan paten tidak sah itu mengalami peningkatan penjualan dan keuntungan.  Demikian seperti dilaporkan Phone Arena. 

"Tidak hanya  juri menetapkan ganti rugi USD1,20 per pelanggaran paten di iPhone, iPad dan Mac, tapi juga pelanggaran yang disengaja, biaya bunga dan biaya pengacara,” tukas Kendall Larsen, CEO dan President, VirnetX 

Apple sendiri menolak keputusan pengadilan tersebut. Mereka bersikeras VirnteX hanyalah pemilik hak paten yang tidak menghasilkan produk apapun. Semua keuntungan diperoleh dengan menggugat perusahaan besar.   by