Disqus Ikut Jadi Korban Peretasan Masif

Kamis, 12 Okt 2017 | 14.00 WIB

Disqus Ikut Jadi Korban Peretasan Masif

Logo Disqus (Disqus)


Centroone.com - Disqus, salah satu penyedia layanan komentar mengungkapkan telah menemukan jejak peretasan di  layanan mereka yang terjadi pada tahun 2012.  Disqus, sendiri adalah situs yang menyediakan platform komentar, dimana layanan mereka banyak digunakan oleh berbagai situs dan blog di seluruh dunia.

Dari jumlah tersebut, peretas tersebut dikatakan telah mencuri sekitar 17,5 juta data pengguna, termasuk alamat email dan password terenkripsi. Pihak Disqus mengatakan bahwa mereka telah mulai mengirim email dan menghubungi pengguna yang terkena dampak - dan meminta mereka untuk mengganti kata sandi baru.

Bagi pengguna yang memiliki akun Disqus sebelum tahun 2012, ada  baiknya mengubah kata sandi.   Bagi pengguna yang mendaftar untuk akun Disqus setelah 2012, mungkin tidak terkesan dengan penemuan terbaru ini. 

Tahun lalu, Yahoo mengumumkan bahwa layanan mereka telah diretas pada akhir tahun  2013  dengan sekitar satu miliar akun telah terdampak.   Namun baru-baru ini, setelah pengambilalihan Verizon dan melalui penyelidikan lebih lanjut, peretasan itu rupanya mempengaruhi tiga miliar akun, bukan hanya satu miliar seperti yang disebutkan sebelumnya.

Dalam serangan itu, di antara yang ditemukan oleh hacker termasuk nama, alamat email, dan beberapa info tambahan. Yahoo! menyatakan informasi seperti password, dan informasi kartu kredit telah dienkripsi. Pada mereka yang terkena dampak peretasan itu, Yahoo mengatakan sudah mulai mengirim email ke akun yang terkena pembobolan.   by