iPhone Kehilangan Tahta "Raja Smartphone" China

Selasa, 31 Jan 2017 | 18.00 WIB

iPhone Kehilangan Tahta

iPhone 7 (IST)


Centroone.com - Sejak 2012, iPhone adalah "raja" smartphone di China. Setiap tahun produk buatan Apple itu berada di peringkat nomor satu dengan penjualan tertinggi. 

Namun  dengan Apple sebelumnya telah menyatakan mengalami penurunan penjualan, gelar 'raja smartphone" negara Tirai Bambu harus turut direlakan.  Gelar raja smartphone China tahun 2016 diambil alih oleh produsen lokal OPPO.

Tahun lalu hampir 500 juta smartphone terjual di negara yang juga merupakan produsen smartphone terbesar di dunia itu.  Menurut angka yang dikeluarkan oleh perusahaan bernama Counterpoint, seperti dilaporkan CNBC,  tahun lalu hampir 17 Juta oppo R9 terjual di China dan mewakili 4% total smartphone yang terjual di China sepanjang 2016. Sementara iPhone 6S terjual sekitar 12 juta dan mewakili 2% penjualan.

Secara keseluruhan oppo meningkatkan penjualan sebesar 102% dibandingkan tahun lalu. Vivo mencatat peningkatan 78% dan Huawei pula meningkat 21%. Apple menunjukkan penurunan 21% dan Xiaomi juga anjlok 22%.   

Tahun 2016 memang bukan tahun yang menyenangkan bagi Apple. Tahun 2016 merupakan tahun untuk kali pertama Apple mengalami penurunan keuntungan dalam waktu lima belas tahun terkahir. Penurunan keuntungan sendiri diakibatkan pada pasar yang sengit dan penjualan sejumlah perangkat yang menurun.

Akibat dari penurunan inipun tidak tanggung-tanggung, petinggi sekelas Tim Cook terpaksa harus merasakan pemotongan gaji.  Menurut laporan CNN, Tim Cook menerima pembayaran sebesar USD 8.5 Juta tahun lalu, menurun jika dibandingkan penerimaan sebesar USD 10 Juta pada tahun sebelumnya. by