Kenali Semua Orang di Kantor Kalau Mau Karir Maju

Selasa, 31 Jan 2017 | 13.01 WIB

Kenali Semua Orang di Kantor Kalau Mau Karir Maju

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Menjalin koneksi itu penting bagi kemajuan karir Anda.

Oke, Anda memang kenal baik dengan atasan dan rekan kerja. Tapi, seberapa baikkah Anda mengenal asisten bos Anda? Pria berkacamata di divisi IT? Orang-orang di bagian keuangan? Staf HRD?

Marie Mclntyre, penulis 'Secret to Winning at Office Politics' menganjurkan Anda untuk mengenali semua orang, apapun posisi mereka, baik yang berhubungan langsung maupun tidak dengan Anda.

"Sebagai contoh, banyak yang beranggapan bahwa orang-orang di HRD tidak memiliki kekuasaan. Well, Anda akan terkejut kalau mengetahui berapa banyak masalah yang berhasil mereka selesaikan, berapa banyak keputusan penting yang mereka pengaruhi, termasuk soal promosi dan pemutusan kerja."

Para staf di beberapa departemen, seperti HRD dan IT biasanya tahu banyak informasi internal. Ketika mereka bilang, "Jangan bilang siapa-siapa, tapi..." dengarkanlah baik-baik.

Sedang staf bagian keuangan tahu dengan pasti soal anggaran jangka panjang dan arah perusahaan. Membina hubungan baik dengan orang-orang di luar divisi Anda juga bisa membantu menghindari konflik potensial saat melakukan proyek, lho.

"Jika Anda kenal dengan orang-orang di bagian hilir, marketing, atau sales, Anda akan bisa mendapatkan banyak sudut pandang yang berguna," ungkap Mclntyre.

Tapi tetap harus waspada ya, bedakan antara teman kerja dan teman sungguhan. (Cosmopolitan/Rie)