Pesona Masjid Cantik Mirip Taj Mahal di Pekanbaru

Selasa, 31 Jan 2017 | 10.01 WIB

Pesona Masjid Cantik Mirip Taj Mahal di Pekanbaru

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Masjid cantik ini bukan Taj Mahal yang ada di India.

Memang, Masjid Agung An-Nur yang terletak di Pekanbaru, Riau ini memiliki tampilan mirip dengan Taj Mahal. Bisa jadi, kalau Anda mampir ke sini dan berfoto di depan Masjid Agung An-Nur, orang akan mengira Anda sedang berada di Taj Mahal.

Ya, masjid ini sengaja mengusung desain arsitektur yang mirip dengan Taj Mahal di India. Masjid yang menjadi kebanggaan warga Pekanbaru ini juga mempunyai taman, sebuah kolam besar, dan air mancur tepat di depannya.

Masjid indah ini terdiri dari tiga lantai dan dapat menampung 4.500 orang jamaah. Masjid Agung An-Nur sendiri dibangun pada 1963, tapi awalnya bangunan masjid tidak terlihat seperti saat ini.

Renovasi masjid dilakukan pada tahun 2000, diawali dengan perluasan masjid hingga mencapai 12,6 hektare. Artinya, ada penambahan luas sekitar tiga kali lipat dari jumlah sebelumnya yang hanya sekitar 4 hektare.

Selain sebagai tempat ibadah, ternyata beberapa bangunan masjid ini juga sempat menjadi kampus Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim. Sebelum kampus tersebut berubah menjadi menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Pekanbaru sekitar tahun 1973. (Berbagai Sumber/Rie)