Nokia Perkenalkan MIKA, Asisten Digital Khusus Ahli Telekomunikasi

Minggu, 29 Jan 2017 | 17.00 WIB

Nokia Perkenalkan MIKA, Asisten Digital Khusus Ahli Telekomunikasi

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Beberapa waktu lalu,  Nokia dilaporkan tengah mengembangkan dan mendaftarkan paten sebuah sistem asisten digital yang disebut-sebut bernama Viki yang berfungsi sebagai sistem pembantu untuk smartphone yang beroperasi berbasis suara atau chat, serta dapat membuat atau membuka situs web dan mobile.  

Belakangan kabar tersebut rupanya benar adanya, walaupun tidak 100 persen. Nokia baru-baru ini telah memperkenalkan sebuah sistem asisten digital, yang mereka sebut MIKA.  Berbeda dengan asisten digital dari perusahaan teknologi lain, Nokia memilih memfokuskan sistem ini khusus untuk para untuk insinyur atau teknisi telekomunikasi.  

MIKA sendiri adalah kependekan dari Multi-purpose Intuitive Knowledge Assistant. Mika mampu memberikan bantuan digital berbasis pada input suara, dan membantu staf IT dalam menyelesaikan berbagai masalah terkait teknologi jaringan. MIKA akan mengumpulkan berbagai informasi, dan melalui integrasi pembelajaran pintar akan mengusulkan sejumlah solusi kepada pemakainya.

Selain MIKA, Nokia juga memperkenalkan Predictive Repair, salah satu layanan dari mereka yang dapat  memprediksi kerusakan sesuatu peralatan telekomunikasi sekitar 14 hari sebelum terjadi. Dilansir dari situs resmi mereka, Nokia menyatakan akan memperkenalkan lebih jauh MIKA dan Predictive Repair dalam acara  MWC 2017 nanti.  Pasca divisi ponsel mereka dijual, Nokia  memang lebih memfokuskan kepada industri telekomunikasi dan perusahaan. by