Tertibkan Pejalan Kaki, Kota Ini Mulai Tugaskan Robot Polantas

Minggu, 29 Jan 2017 | 13.00 WIB

Tertibkan Pejalan Kaki, Kota Ini Mulai Tugaskan Robot Polantas

Polisi robot tengah bertugas (IST)


Centroone.com - Sebuah kota di China mulai menggunakan layanan robot polisi lalu lintas (polantas)  robot untuk menata ketertiban dan keamanan para pejalan kaki. Robot itu, yang ditempatkan di persimpangan jalan di kota Xiangyang di provinsi Hubei, China tengah, diprogram untuk menahan dan memberitahu pejalan kaki yang berniat melanggar lampu traffic light.

Pemerintah setempat berharap dengan adanya petugas lalu lintas robot itu  dapat memperbaiki kebiasaan buruk penduduk kota bersangkutan ketika melintas jalan. Penduduk China memang terkenal dengan sikap buruk di jalan raya, salah satunya dengan sembarangan menyeberang jalan meskipun lampu traffic light tengah menyala hijau. Demikian seperti dilaporan DailyMail.



Robot itu sendiri mengirim sinyal melalui reaksi tangannya, dan memberi peringatan lisan kepada pejalan kaki dan nyala lampu sebagai peringatan. Kepalanya bertindak sebagai kamera pengintai yang dapat merekam kesalahan yang dilakukan pejalan kaki.

Semua rekaman akan disimpan sebagai bukti ketika kecelakaan terjadi. Polisi juga akan menggunakan rekaman itu sebagai referensi jika mereka harus mendenda pejalan kaki yang melanggar hukum. by