Tingkatkan Efektifitas Sekolah Binaan Lewat Principals Sharing Network

Kamis, 26 Jan 2017 | 12.00 WIB

Tingkatkan Efektifitas Sekolah Binaan Lewat Principals Sharing Network

Principals Sharing Network 2017 diikuti para kepala sekolah binaan yang ada di area wilayah kerja Japfa Foundation. (Centroone)


Centroone.com - Dalam rangka memperkuat efektifitas kinerja para kepala sekolah binaan yang ada di wilayah area kerja di Indonesia, JAPFA Foundation, yayasan korporasi yang didirikan oleh PT JAPFA Comfeed Indonesia,   pada 24-25 Januari 2017, di Pesantren Modern Al Barokah Simalungun, Sumatera Utara menggelar Principals Sharing Network 2017. Kegiatan ini sekaligus merupakan aksi tindak lanjut yang lebih konkrit setelah terbangunnya komunikasi di antara para kepala sekolah binaan.

Dalam melakukan pembinaan, JAPFA Foundation mengacu pada 5 Standar Kompetensi Kepala Sekolah sesuai Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah/madrasah. “Di antara para kepala sekolah binaan sudah terbangun komunikasi sehingga kegiatan ini bentuk dari rencana aksi tindak lanjut yang lebih konkrit. Harapan ke depan, sekolah binaan yang awalnya belum sesuai standar kompetensinya bisa memenuhi apa yang dipersyarakatkan oleh Permendiknas. Dengan demikian, ini juga akan menjadi tolok ukur keberhasilan JAPFA Foundation dalam membina sekolah-sekolah tersebut,”papar Head of JAPFA Foundation, Andi Prasetyo, di sela pembukaan Principals Sharing Network 2017, Selasa (24/1/2017).

Andi menjelaskan dalam Principals Sharing Network 2017, para kepala sekolah binaan JAPFA Foundation berbagi mengenai situasi dan kondisi yang terjadi di sekolah masing-masing agar para kepala sekolah mendapatkan masukan baik dari kepala sekolah lain maupun dari para pakar. Para kepala sekolah binaan JAPFA Foundation juga akan memperoleh ilmu ataupun wawasan yang lebih luas dalam mengelola sekolah masing-masing.

“Dalam kegiatan ini, kami hadirkan beberapa nara sumber seperti dari Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun dan Ketua Yayasan Wakaf Pesantren Al Barokah serta observer dari Kepala Seksi Pendidikan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Simalungun, ahli pendidikan mitra kerja program School Development Program JAPFA Foundation dan Perwakilan JAPFA Group yang ada di Kota Medan dan Kabupaten Simalungun,”tambah Andi yang menambahkan selama ini sekolah-sekolah binaan JAPFA Foundation selalu diarahkan sesuai tuntutan yang dipersyaratkan Badan Standar Nasional Pendidikan.

Adapun tujuan utama dari Principals Sharing Network 2017, kata Andi, membentuk forum komunikasi antar kepala sekolah binaan JAPFA Foundation, memberikan pembekalan pada para kepala sekolah binaan mengenai manajerial di sekolah masing-masing serta membuat rencana kerja bersama. “Diharapkan, selain dari berbagi kiat dan ilmu memimpin sekolah, para kepala sekolah akan menjadi lebih memahami visi dan misi JAPFA Foundation dan rencana kerja di tahun 2017 ini,”ujar Andi.

Para kepala sekolah binaan yang diundang menghadiri Principals Sharing Network 2017 yakni Kepala Sekolah SDN Segoroyoso Kabupaten Bantul, Kepala Sekolah SDN 54 Peurada Kota Banda Aceh, Kepala Sekolah SDN 06 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, Kepala Sekolah SDN 06 Pasir Jambak Kota Padang, Kepala Pesantren Modern Al Barokah Kabupaten Simalungun, Kepala Sekolah SMK SPP Negeri Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dan Kepala Sekolah SMK Farming Kabupaten Pati.   by