Menyerah, BlackBerry Putuskan Berhenti Produksi Smartphone

Jumat, 30 Sep 2016 | 21.00 WIB

Menyerah, BlackBerry Putuskan Berhenti Produksi Smartphone

ilustrasi BlackBerry (IST)


Centroone.com - BlackBerry membuat pengumuman mengejutkan dengan menyatakan akan berhenti melakukan produksi perangkat sendiri.  Kedepan di pasar masih akan muncul smartphone BlackBerry namun perangkat tersebut bukanlah hasil pabrikan BlackBerry, namun dengan mitra produsen perangkat keras atau hardware lain.

“Perusahaan akan mengakhiri semua pengembangan hardware di internal dan akan melakukan outsourcing dengan mitra untuk menjalankan fungsi itu. Ini Memungkinkan kami untuk mengurangi kebutuhan modal dan meningkatkan pengembalian modal yang diinvestasikan,” ungkap CEO BlackBerry John Chen, seperti dikutip GSM Arena.Dengan kondisi ini BlackBerry Priv, yang telah beroperasi di atas OS Android menjadi smartphone terakhir yang diproduksi sendiri oleh BlackBerry.

Sebelumnya, bersama TCL, Blackberry menelurkan DTEK50, yang sebenarnya merupakan rebranding dari Alcatel Idol 4. Perusahaan asal Tiongkok tersebut juga kemungkinan akan menjadi mitra produsen hardware selanjutnya untuk memproduksi DTEK60, yang telah bocor spesifikasinya.

Sementara itu di Tanah Air, BlackBerry pun telah mengumumkan untuk menggandeng PT Tiphone Mobile Indonesia Tbk (TELE), perusahaan yang terafiliasi dengan perusahaan telekomunikasi milik negara PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Keduanya sepakat untuk membentuk perusahaan patungan (joint venture) bernama PT BB Merah Putih. Hal yang sama kemungkinan besar juga bakal dilakukan BlackBerry di India. bbs