Siswa SMKN Serahkan Motor Disabilitas ke Pemkot Surabaya

Kamis, 29 Sep 2016 | 23.00 WIB

Siswa SMKN Serahkan Motor Disabilitas ke Pemkot Surabaya

Wali Kota Risma mencoba motor roda tiga untuk disabilitas karya siswa SMKN di Surabaya. (Centroone/Windhi)


Centroone.com - Siswa dari beberapa SMKN di Surabaya memberikan sepeda motor karya mereka ke Pemkot Surabaya. Pemberian sepeda motor modifikasi untuk penyandang disabilitas, diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Taman Surya, Kamis (29/9/2016).

Motor modifikasi dengan roda tiga itu memang hasil karya siswa SMKN dari berbagai sekolah. Wali kota mengaku bangga mendapat bantuan motor modifikasi untuk penyandang disabilitas tersebut.

“Banyak siswa SMK yang telah berhasil mengembangkan produknya untuk disabilitas. Oleh karena itu ke depannya mereka kami arahkan membuat desain dan membuat produk,” ungkap Risma, sapaan akrab wali kota.

Risma lantas bercerita, ada seorang penyandang disabilitas yang membutuhkan bantuan kursi roda. Namun, kursi roda yang dimaksud agak nyeleneh, yakni bisa digunakan untuk terlentang. Akhirnya, para siswa SMK membuat desain kursi roda sebagaimana dimaksud. Setelah jadi, kursi roda itu langsung bisa dimanfaatkan.  

M Syamsudin salah satu perancang modifikasi motor roda tiga menuturkan, proses modifikasi motor tersebut membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan. Siswa kelas XII jurusan otomotif SMKN 7 tersebut mengatakan, kendala yang paling sulit ialah membuat kaki-kaki belakang sepeda motor roda tiga tersebut.

“Kesulitannya adalah membuat dan menyesuaikan besi berongga sebagai tempat untuk menyesuaikan dengan body kendaraan, kadang agak miring dan pembautan lubang kurang tepat,” aku Syamsudin. (windhi/by)