Presiden Jokowi : Ada Info BBM Sudah 100 Persen Milik Indonesia

Selasa, 27 Sep 2016 | 23.00 WIB

Presiden Jokowi : Ada Info BBM Sudah 100 Persen Milik Indonesia

Ilustrasi BlackBerry Messenger (IST)


Centroone.com - Aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) sejak awal kemunculannya mendapatkan sambutan hangat di Indonesia. Bahkan warga Indonesia sampai saat ini menjadi salah satu pengguna setia BBM, terutama di Asia. 

Kehadiran BBM juga tidak bisa dipungkiri telah membantu berdiri dan berkembangnya industri e-commerce tanah air.   Relasi ini membuat Presiden Joko Widodo percaya BBM bisa jadi platform asli Indonesia, untuk memajukan e-commerce. Jika Indonesia tidak mempunyai platform asli di sektor e-commerce, Jokowi yakin Indonesia akan tertinggal dengan negara-negara lain.

"Saya mendapatkan informasi bahwa BBM sudah dimiliki 100 persen oleh Indonesia. Saya kira bisa kita jadikan platform asli Indonesia. Kita harapkan, seluruh hal yang berkaitan dengan e-commerce, baik platform ritel maupun platform logistik, bisa menempel ke BBM yang kita siapkan menjadi platform asli Indonesia" ujar Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa (21/9/2016).

Tidak hanya lewat aplikasi tersebut, industri e-commerce juga diharapkan Presiden turut didukung, kebijakan yang mendorong dan mengembangkan e-commerce.  Sebelumnya, pada bulan Juli lalu, BlackBerry memag telah menjalin kerja sama dengan grup media asal Indonesia, Emtek (PT Elang Mahkota Teknologi Tbk). Bentuk kerja sama tersebut adalah dalam hal brand, perjanjian lisensi software, dan hak kekayaan intelektual atas aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM). Nilai perjanjian tersebut mencapai 207,5 juta dollar AS (sekitar Rp 2,7 triliun) dan akan berlaku selama enam tahun.

Perjanjian ini memungkinkan pengguna aplikasi pesan instan BBM mengakses beragam konten yang dimiliki oleh grup Emtek, seperti video, acara televisi free-to-air, dan koleksi lebih dari 100 ribu jam konten TV. Emtek juga memiliki akses untuk mengembangkan ekosistem BBM yang menggabungkan aplikasi messaging, media sosial, konten, hiburan, dan e-commerce. bbs