Demi Regenerasi Kepegawaian, Pemkot Perlu Assesment Center

Jumat, 23 Sep 2016 | 07.00 WIB

Demi Regenerasi Kepegawaian, Pemkot Perlu Assesment Center

Balai Kota Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Untuk memerlancar pembahasan kepegawaian, Pemkot Surabaya didorong untuk membentuk Assesment Center. Hal inilah yang diusulkan Pansus Raperda Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DPRD Surabaya.

Menurut Ketua Pansus Raperda OPD Fatkhurrohman, penempatan pegawai tidak lagi hanya cukup didasarkan pada seleksi, psikotes atau interview, tapi membutuhkan analisis yang lebih dalam perihal pekerjaan dan kriteria apa yang menjadikan kesuksesan sebuah jabatan. Analisis tersebut berkaitan dengan pengalaman, bagaimana  seseorang dalam pengambilan keputusan, mengorganisir sesuatu, komunikasi, jiwa sosial, jiwa pemimpin, entreuprenur, daya tahan terhadap tekanan dan lain-lain.

Jika memang tak mungkin untuk membentuk lembaga khusus, maka Pansus mendorong agar fungsi assesment bisa dijalankan untuk seluruh pegawai. Selain Assesment Center,  periodesasi jabatan juga dibahas, khususnya menyoroti adanya ‘raja-raja kecil’ di SKPD. Misalnya, jabatan camat dan lurah yang cukup lama. Dia mengakui, ada lurah yang masa jabatannya 7-10 tahun. Hal inilah yang perlu diatur.

Pansus pun mengusulkan masa jabatan dibatasi 3-5 tahun. Jika belum bisa dipromosikan, agar terjadi penyegaran, perlu rotasi dan ini baik untuk memperluas pengalaman karena pindah daerah. “Hal ini membutuhkan Perwali jika dengan Perda belum memungkinkan,” tandas Fatkhur. (windhi/by)