Tingkat Depresi Bisa Dicek Lewat Foto Instagram

Rabu, 31 Ags 2016 | 20.00 WIB

Tingkat Depresi Bisa Dicek Lewat Foto Instagram

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Instagram belakangan telah berubah jadi "jendela dunia" yang baru.  Ratusan ribu foto tiap harinya diunggah di Instagram, seakan mewakili kehidupan manusia diatas muka bumi. Tidak hanya bisa memamerkan atau berbagi kegiatan sehari-hari, foto Instagram rupanya juga bisa digunakan untuk memeriksa potensi depresi seseorang.  

Sebuah program kecerdasan buatan yang dihasilkan oleh Harvard dan Universitas Vermon mampu mendeteksi tingkat depresi seseorang berdasarkan gambar yang diunggah ke Instagram.  Program AI itu memiliki tingkat akurasi sekitar 70%.

Petapixel melaporkan, dari tes yang dilakukan dengan melibatkan sebanyak 43950 gambar dari 166 pengguna  dianalisa oleh kecerdasan buatan ini menunjukkan individu yang sering menggunakan filter Inkwell dan Crema lebih cenderung depresi.

Mereka yang menggunakan filter Valencia dan X-Pro II cenderung lebih ceria. Kecerdasan buatan ini dapat digunakan di masa depan untuk mendeteksi depresi lebih awal dan diharapkan dapat memberikan bantuan kepada mereka sebelum terlambat. by