Ilmuwan Ciptakan Payung Pintar Dilengkapi GPS Untuk Jamaah Haji

Rabu, 31 Ags 2016 | 18.00 WIB

Ilmuwan Ciptakan Payung Pintar Dilengkapi GPS Untuk Jamaah Haji

Payung Kafya (IST)


Centroone.com - Sebuah perusahaan gabungan dari Arab Saudi-Palestina menciptakan 'payung pintar' yang dilengkapi sistem navigasi dan kipas yang menggunakan tenaga surya khusus untuk membantu para jamaah haji saat menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah.  

Payung yang dinamakan 'Kafya' itu dibuat di kota Suci Makkah dan hasil karya ilmuwan Arab Saudi, Kamel Badawi dan Manal Dandis. Pengalamannya membantu jemaah haji ketika masih kecil menginspirasi Kamel membuat payung pintar ini bersama temannya Manal Dandis, untuk membantu para jemaah haji.

Manal Dandis menjelaskan, payung itu memiliki  panel surya yang akan menyerap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik. Sistem GPS yang turut dipasang pada payung tersebut akan membantu jemaah mengidentifikasi posisi satu sama lain. Ia juga dilengkapi tiga charger USB untuk mengisi daya ponsel dan perangkat elektronik lainnya.

Perusahaan tersebut kini berusaha mencari investor untuk memulai produksi payung itu secara besar-besaran. "Permintaan payung amat luas, khususnya di Eropa. Payung ini  juga digunakan jemaah haji. Namun, jemaah hanya menggunakannya untuk melindungi dari sinar mata hari. Sebelum ini, tidak ada orang berpikir payung hanya dapat digunakan untuk berbagai tujuan. " tuturnya seperti dilansir dari BBC. by