Pendiri Sekaligus Jubir Tewas di Allepo, ISIS Makin Tertekan

Rabu, 31 Ags 2016 | 15.00 WIB

Pendiri Sekaligus Jubir Tewas di Allepo, ISIS Makin Tertekan

Abu Muhammad al-Adnani (IST)


Centroone.com - Kelompok militan negara Islam Irak dan Suriah makin terdesak. Saat tentara Irak dan milisi sekutu pelan-pelan merebut kembali wilayah yang dikuasi ISIS, termasuk kota Mosul, ISIS harus kehilangan salah satu nama penting di pucuk pimpinan mereka.

Salah satu pemimpin senior sekaligus pendiri ISIS, Abu Muhammad al-Adnani, yang selama ini bertanggung jawab dalam menentukan dan mengarahkan serangan-serangan di luar Suriah tewas dalam sebuah serangan di Allepo.  Al Adnani merupakan tokoh yang paling menonjol dan  terlama di dalam organisasi teror tersebut.

Seorang pejabat pertahanan AS di Washington mengatakan, serangan udara AS menarget Adnani ketika ia bepergian di kota Al Bab, Suriah. Namun, ia tidak mengonfirmasi kapan Adnani tewas. “Namun, keberhasilan menyingkirkan al-Adnani dari medan pertempuran akan menjadi pukulan telak bagi [ISIS],” ujar jurubicara Pentagon Peter Cook dalam sebuah pernyataan.

Al-Adnani adalah orang yang berada pada urutan pertama untuk memimpin ISIS jika sesuatu terjadi terhadap al-Baghdadi. Sebuah pernyataan dari Amaq mengatakan bahwa al-Adnani tewas saat mengawasi operasi militer ISIS di Aleppo.

Penyebab pasti kematiannya tidak diungkapkan dalam pernyataan tersebut. Lebih lanjut pernyataan itu mengatakan ISIS “bertekad membalas dendam” atas pembunuhan al-Adnani. “Setelah sebuah perjalanan panjang penuh dengan pengorbanan dan perang malawan kafir, ksatria perkasa Suriah, Abu Mohammed al-Adnani, telah bergabung dengan iringan para syudada..” tulis pernyataan tersebut. bbs