Tak Dapat Pesangon, Pensiunan Tenaga Honorer Pemkot Wadul Dewan

Rabu, 31 Ags 2016 | 01.00 WIB

Tak Dapat Pesangon, Pensiunan Tenaga Honorer Pemkot Wadul Dewan

Gedung DPRD Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Pensiunan tenaga honorer di Pemkot Surabaya mengeluhkan nasibnya. Mereka mengadu ke Komisi A DPRD Surabaya lantaran tak menerima pesangon yang seharusnya mereka terima berdasarkan SK Pengangkatan dari wali kota. Komisi A memastikan bakal mempertemukan kedua pihak.

Menurut Wakil Ketua Komisi A Adi Sutarwijono, sesuai informasi yang mereka terima, dalam SK Pengangkatan yang ditandatangani wali kota, memang tercantum klausul  pemberian pesangon jika tenaga itu pensiun. Mereka sudah mengabdi pada pemkot antara 20-30 tahun di berbagai SKPD.

“Rata-rata memang sudah pensiun antara lima sampai 10 tahun lalu dan pesangonnya belum diberikan sampai sekarang,” ujar Awi, sapaan akrabnya.

Memang kenyataannya, saat ini pemerintah daerah memang sudah tidak diperbolehkan memberikan pesangon atau tali asih kepada pensiunan honorer daerah. Namun demikian Adi mengingatkan, SK pengangkatan dan pensiun para honorer itu muncul jauh sebelum adanya aturan tersebut.

“Untuk hal ini, makanya akan kita sambungkan dengan pihak terkait untuk mencari solusi,” tambah dia.

Rencananya, Senin depan, Komisi A berencana memanggil Asisten I dan BKD untuk mencari solusi atas hal ini. Dua pihak akan dipertemukan dalam satu ruang. (windhi/by)