Pipanisasi Masuk Penyertaan Modal PDAM

Selasa, 30 Ags 2016 | 22.00 WIB

Pipanisasi Masuk Penyertaan Modal PDAM

Distribusi air PDAM (Centroone)


Centroone.com - Sejak 2003-2015, Pemkot Surabaya memiliki proyek pemasangan pipa instalasi PDAM. Pipanisasi ini memiliki nilai Rp40 miliar. Hal ini pun disepakati dalam Badan Musyawarah DPRD Surabaya, jika proyek itu masuk dalam penyertaan modal BUMD di PDAM Surya Sembada.

Pipanisasi yang dibangun pemkot ini, sudah digunakan PDAM Surya Sembada untuk distribusi air bersih dengan status pipa pinjam pakai. Hanya saja masih belum jelas, bagaimana hitungan secara bisnisnya terkait status pinjam pakai penggunaan pipanisasi milik Pemkot Surabaya sampai saat ini.

Dengan demikian, nilai penyertaan modal Pemkot ke PDAM Surya Sembada bertambah, dari sebelumnya hanya Rp80 miliar, kini menjadi Rp120 miliar karena mendapat tambahan Rp40 miliar berupa pipanisasi.

“Dalam rapat Banmus sudah disepakati, bahwa untuk proyek pipanisasi senilai Rp40 miliar itu dimasukkan dalam item penyertaan modal di PDAM,” jelas anggota Pansus Penyertaan Modal Pemkot Surabaya Adi Sutarwijono, Selasa (30/8/2016).

Awi, sapaan akrabnya yang duduk sebagai wakil ketua Komisi A mengatakan, langkah ini diambil untuk memudahkan pemeliharaan aset berupa pipanisasi, karena sepenuhnya akan menjadi hak dan kewajiban PDAM Suraya Sembada.

“Dengan demikian pemkot tidak lagi terbebani dengan pemeliharaan pipanisasi itu yang tentu akan berimbas kepada alokasi anggaran. Itu sudah otomatis menjadi wewenang penuh PDAM,” jelasnya. (windhi/by)