Medali Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Dibuat dari Sampah Elektronik

Selasa, 30 Ags 2016 | 19.00 WIB

Medali Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Dibuat dari Sampah Elektronik

ilustrasi sampah elektronik (IST)


Centroone.com -Perkembangan  teknologi terjadi sangat cepat membuat jumlah sampah elektronik juga terus meningkat.  Apalagi di masa saat ini, siklus hidup perangkat seperti smartphone lebih singkat dibandingkan barang elektronik lainnya.

Nah, dalam upaya untuk menekan masalah tersebut, dan juga sebagai salah satu cara untuk memberikan suatu hal yang unik, panitia Olimpiade Tokyo 2020 dilaporkan bakal membuat medali  untuk para pemenang, dari sampah elektronik ini.  

Untuk perbandingan, menurut Nikkei, pada tahun 2012 yang lalu, di Olimpiade London, medali dibuat dari 9,6 kilogram emas, 1.210 kilogram perak dan 700 kilogram perunggu.  Sementara pada tahun 2014 lalu, di Jepang, telah terkumpul  143 kilogram emas, 1566 kilogram perak, dan 1112 ton perunggu dari sampah elektronik.

Pengumpulan barang elektronik yang tidak terpakai untuk membuat medali Olimpiade ini disebut bakal membuat para  pengguna elektronik untuk lebih antusias  mendaur-ulang sampah elektronik mereka, disamping memungkinkan mereka turut berpartisipasi dalam menyukseskan pesta olahraga  tersebut.

Untuk sementara ide ini lebih pada tahap perencanaan, namun beberapa pertemuan dan diskusi telah dilakukan terkait ide tersebut. Selain menekankan budaya daur ulang, Jepang  dilaporkan bakal mendemonstrasikan banyak hal menarik di Tokyo 2020 kelak, termasuk penggunaan jaringan 5G dan robotika. by