Tempuh Ribuan Kilometer Bersepeda Untuk Naik Haji

Selasa, 30 Ags 2016 | 18.00 WIB

Tempuh Ribuan Kilometer Bersepeda Untuk Naik Haji

Mohammad saat tengah beristirahat sambil membaca Alquran (IST)


Centroone.com - Bisa menunaikan ibadah haji adalah sebuah kebanggaan dan kepuasaan tersendiri bagi umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia bahkan sejumlah WNI nekat berangkat dengan menumpang kuota haji pemerintah Filipina, yang belakangan menimbulkan masalah, dengan sejumlah WNI lainnya harus mengantri sampai puluhan tahun untuk bisa berangkat haji.

Tak mau menunggu, seorang warga muslim asal China ini memilih cara lain. Warga China bernama Mohammad itu,  memilih berangkat haji dengan bersepeda dari  kediamannya di Xinjiang di barat laut Cina menuju tanah suci. Perjalanannya dilaporkan bakal menghabiskan jarak sejauh 8,150 kilometer. 

Dalam perjalananya, Muhammad sempat singah di Taif, provinsi Mekkah, Arab Saudi dan disambut oleh sebuah klub penggemar sepeda lokal setempat. Setelah tinggal sebentar di Taif, Mohammad diiringi anggota klub itu untuk menuju ke Kota Makkah. " Saya berharap para penggemar sepeda kota lain akan menyambutnya" ujar  Presiden klub, Nayef Al Rawas kepada salah satu harian setempat Sabq.

Sekitar 14.500 muslim asal China akan menunai Rukun Islam Kelima itu tahun ini. Sementara itu meskipun dipastikan bakal menghadapi banyak tantangan, ide untuk mengayuh sepeda atau berkendara sendiri untuk menunaikan haji atau umrah belakangan jadi pilihan umat Muslim, khususnya dari Asia. Pada Mei 2014 lalu 12 warga Malaysia naik sepeda motor dari Kuala Lumpur ke Madinah. Dengan delapan motor dan sebuah van, kelompok itu melintasi 12 negara dan berhenti di 53 kota sebelum tiba di tanah suci. by