Superhero di Dunia Nyata Ratusan Kali Cegah Bunuh Diri

Selasa, 30 Ags 2016 | 14.30 WIB

Superhero di Dunia Nyata Ratusan Kali Cegah Bunuh Diri

Chen Si saat menyusuri jembatan Nanjing (IST)


Centroone.com -Pria asal China bernama Chen Si ini layak disebut sebagai superhero di dunia nyata. Atas dasar kemanusiaan dan tanggung jawab, Chen Si setiap akhir pekan berkeliling di jembatan sungai Nanjing Yangtze, China, untuk mencari mereka yang berniat bunuh diri dan mengagalkannya. 

Kebiasaan itu sudah dilakukan Chen Si sejak 13 tahun lalu.  "Saya  menyelamatkan mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap tanggung jawab dan kasih sayang satu sama lain," katanya.

Sampai kini, 300 orang telah berhasil diselamatkan Chen Si dari jembatan yang memang jadi tempat favorit untuk bunuh diri tersebut.  Dalam melakukan aksinya, Chen Si mengaku pernah ditampar dan dicaci pada awal usahanya membantu mereka yang mencoba membunuh diri. Tidak jarang pria yang bekerja di perusahaan konseling itu mengalami luka saat menolong mereka yang ingin bunuh diri, demikian seperti dilaporkan Shanghaiist.

Namun, itu tidak mematahkan semangat Chen Si untuk terus membantu mereka yang memang membutuhkan dukungan moral. Dia juga menyediakan sebuah rumah yang dikenal sebagai 'The Soul Center, ' dimana mereka yang sempat berusaha bunuh diri bisa beristirahat dan mendapatkan perawatan serta konseling.  Kisah Chen Si pernah mendapatkan perhatian internasional ketika  ditampilkan dalam sebuah film dokumenter berjudul Angel of Nanjing yang diproduksi oleh Jordan Horowitz dan Fran Ferendo.

Setiap tahun Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan lebih dari 800.000 orang meninggal akibat bunuh diri di seluruh dunia dan ini adalah penyebab kedua kematian yang melibatkan individu berusia 15 sampai 29 tahun. by