Umur 145 Tahun, MBah Gotho Asal Sragen Orang Tertua Di Dunia?

Senin, 29 Ags 2016 | 06.00 WIB

Umur 145 Tahun, MBah Gotho Asal Sragen Orang Tertua Di Dunia?

KTP Mbah GOtho (IST)


Centrone.com - Bulan Mei lalu,  Susannah Mushatt Jones yang diketahui sebagai orang tertua di dunia, meninggal dunia di New York pada usia 116 tahun. Dengan meninggalnya Susannah, gelar orang tertua di dunia dipegang oleh perempuan Italia bernama Emma Morano yang diduga sebagai orang terakhir yang lahir di tahun 1890-an.

Belakangan kabar mengejutkan datang dari Sragen, Jawa Tengah. Seorang pria yang dikenal sebagai “Mbah Gotho” berdasarkan salinan KTP yang dipublikasikan Media Inggris, The Mirorr, lahir pada 31 Desember 1870  dan  menunjukkan Mbah Gotho kini berusia 145 tahun. Sosoknya kini diyakini sebagai orang tertua di dunia. Rekor usianya akan mengalahkan wanita Prancis Jeanne Calment, yang hidup sampai usia 122 tahun.

The Mirorr menyebutkan Meski berusia panjang, Mbah Gotho mengaku sudah siap meninggal. Mbah Gotho telah hidup lebih lama dari 10 saudaranya dan empat istrinya. Istri yang terakhir kali menemaninya telah meninggal pada 1988. Semua anak-anaknya juga sudah meninggal. Dia sekarang siap untuk meninggalkan cucu-cucu, cicit, dan canggah-canggahnya. ”Apa yang saya inginkan adalah untuk meninggal,” katanya. ”Cucu-cucu saya semua mandiri.”

Suryanto, cucu Mbah Gotho, mengungkapkan kakeknya telah mempersiapkan kematiannya sejak masih berusia 122 tahun.  “Batu nisan di sana dibuat pada tahun 1992. Itu 24 tahun yang lalu,” kata Suryanto.