Diwarnai Banyak Insiden, Nico Rosberg Juarai GP Belgia

Minggu, 28 Ags 2016 | 23.00 WIB

Diwarnai Banyak Insiden, Nico Rosberg Juarai GP Belgia

Nico Rosberg (ST)


Centroone.com - Perhelatan Formula 1 GP Belgia yang digelar di   Sirkuit Spa-Franchorchamps, Minggu (28/8/2016) malam WIB memunculkan Nico Rosberg sebagai yang terbaik. Memimpin sejak start, pembalap Mercedes itu lolos dari sejumlah insiden yang terjadi di awal balapan dan melenggang mulus sampai lap terakhir.

Rosberg yang start dari posisi terdepan langsung melesat selepas balapan dimulai. Sementara tiga pebalap di belakangnya yakni Max Verstappen, Kimi Raikkonen, dan Sebastian Vettel saling bersenggolan. Ketiganya pun kehilangan banyak waktu. Insiden lain juga menimpa driver Toro Rosso Carlos Sainz yang ban belakang sebelah kanan dari mobilnya meletus, membuatnya tak mampu melanjutkan balapan. Kecelakaan juga melibatkan Jenson Button dan Pascal Wehrlein, yang akhirnya gagal melanjutkan balapan.

Di putaran lima, kecelakaan kembali terjadi setelah pebalap Renault Kevin Magnussen yang menabrak tumpukan ban di dinding pembatas dalam kecepatan tinggi. Mobilnya hancur, tapi Magnussen mampu keluar dari mobil dengan sendirinya dan berjalan meski agak sempoyongan. Sementara itu saat pembalap lain berusaha lolos dari insiden, Rosberg terus melaju dikutit pembalap Red Bull Daniel Ricciardo dan rekan setimnya Lewis Hamilton, di posisi ketiga.  Formasi terdepan tak berubah sampai lap terakhir, yang akhirnya memunculkan Nico Rosberg sebagai pemenang.  Acungan jempol khusus bagi Lewis Hamilton, meski memuli balapan dari posisi belakangan tetap mampu finish di tiga besar.  

Dengan hasil ini, Hamilton masih memimpin klasemen kejuaraan dunia dengan nilai 232. Di belakangnya adalah Rosberg dengan 223 angka dan Ricciardo dengan 151 poin. bbs