Bonus Rp 5 Miliar Tontowi/Liliyana Tidak Dibagi Dua, Bebas Pajak

Rabu, 24 Ags 2016 | 03.00 WIB

Bonus Rp 5 Miliar Tontowi/Liliyana Tidak Dibagi Dua, Bebas Pajak

Pasangan ganda campuran Tontowi/Liliyana (IST)


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meralat pernyataannya sebelum ini terkait dengan  bonus  Rp 5 miliar untuk pasangan peraih emas Tontowi/Liliyana.  Sebelumnya Imam menuturkan bonus Rp 5 Miliar itu adalah untuk dibagi dua. Hal itu diralat oleh Imam saat menyambut kedatangan kontingen Olimpiade Indonesia di Banara Soekarno Hatta, Selasa. (23/08/2016) kemarin.

"Terima kasih kepada Owi dan Butet (panggilan akrab Tontowi/Liliyana) dan seluruh yang mengantarkan ke Olimpiade. Pemerintah terus ingin mendukung, menyokong, ini bukan hanya suatu kesenangan tapi sebuah martabat bangsa di negara-negara lain. Maka masing-masing mendapatkan Rp 5 miliar dan bebas pajak," ujar Menpora Imam dalam acara penyambutan di bandara Soekarno-Hatta, Selasa (23/8/2016).

Dalam pagelaran Olimpiade Brazil 2016, Indonesia meraih tiga medali. Satu emas dari Tontowi/Liliyana dan dua perak persembahan Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni Agustiani. Kedua lifter kebanggaan Indonesia itu juga berhak atas bonus masing-masing Rp 2 miliar.

"Kami melaporkan (ke Presiden) tim Indonesia Olimpiade Rio de Janeiro kembali ke tanah air membawa medali emas dan dua perak. Kalau biasanya Indonesia bisa emas, sekarang indonesia emas. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan hari ini untuk bisa diteruskan di Asian Games, Olimpiade dan multievent lainnya," lanjutnya.

Sementara itu, bonus sebesar Rp5 miliar ini  adalah nomor dua terbesar sesudah peraih emas Singapura, yang hampir dua kali lipatnya -tapi ada yang bonusnya nol, ada pula yang berupa pasokan sosis seumur hidup.
Moldova, salah satu negara termiskin di Eropa, menjanjikan sekitar Rp1,7 miliar untuk peraih emas.  Adapun para peraih medali Korea Selatan, bonus yang mereka terima akan berupa waktu.

Waktu? Ya: Umumnya warga negara Korea Selatan harus mengikuti wajib militer selama dua tahun. Nah, para pemenang medali mendapat bonus, hanya mendapat kewajiban menjalaninya selama empat minggu pelatihan dasar militer. bbs