Emas Olimpiade Jadi Penghibur Sepakbola Brazil

Senin, 22 Ags 2016 | 01.21 WIB

Emas Olimpiade Jadi Penghibur Sepakbola Brazil

Ekspresi kemenangan Brazil (IST)


Centroone.com - Piala Dunia 2014 jadi turnamen keras bagi Brazil. Jadi tuan rumah, digadang-gadang jadi juara, Brazil malah keok dengan skor telak 1-7 dari Jerman, yang akhirnya muncul jadi juara. Begitu juga dengan ajang Copa America Centenario, dimana Brazil tersingkir di penyisihan grup.

Rentetan kegagalan di turnamen besar itu membuat publik sepakbola Brazil geleng-geleng kepala sekaligus sedih. Setelah menunggu 2 tahun, Minggu, (21/08/2016) sepakbola Brazil akhirnya mampu jadi juara di rumah sendiri. Dipimpin Neymar, yang gagal bersinar di Piala Dunia 2014 akibat cidera, Brazil mampu merebut medali emas.

Prestasi yang sangat membanggakan. Melawan Jerman di final, Timnas muda Brazil seakan membayar lebih utang mereka kepada publik sepakbola Brazil.  Tidak hanya membalas dendam, tapi juga mencatatkan sejarah dengan merebut medali emas, kepingan emas olimpiade Brazil yang pertama sepanjang sejarah Olimpiade.

Neymar menjadi sosok protagonis Brasil pada laga ini. Sang kapten  membuka harapan bagi Brazil untuk meraih emas berkat golnya pada menit ke-27.Namun, kapten Jerman, Max Meyer, berhasil membalas pada menit ke-59 untuk membuat skor sama kuat.

 Laga pun harus ditentukan melalui perpanjangan waktu dan adu penalti. Lima penendang penalti Brazil termasuk Neymar sebagai penendang terakhir, sukses menjalankan tugasnya.  Dari kubu Jerman, empat penendang pertama juga berhasil menjebol gawang Brazil. Tapi tendangan Nils Petersen berhasil digagalkan sehingga memupuskan harapan Der Panzer, menyandingkan Medali Emas sepakbola putra dan gelar Juara Dunia.  bbs