Pupuk Jiwa Sosial, Berbagi Untuk Yatim Piatu

Kamis, 30 Jun 2016 | 07.00 WIB

Pupuk Jiwa Sosial, Berbagi Untuk Yatim Piatu

Pimpinan, anggota dan staf DPRD Surabaya berfoto bersama dengan anak yatim piatu saat buka puasa, Selasa (28/6/2016). (Windhi/Centroone)


Centroone.com - Untuk memupuk jiwa sosialnya, kalangan DPRD Surabaya peduli terhadap sesama. Hal ini juga untuk introspeksi diri karena dalam kesehariannya, wakil rakyat ini tak melulu memerhatikan dunia kerjanya atau soal duniawi, khususnya yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai wakil rakyat Kota Surabaya. Namun berbagi kepada warga yang kurang mampu juga jadi perhatian khususnya.

Karena itu, pada Selasa (28/6/2016), DPRD Surabaya pun mengundang ratusan anak yatim piatu dari berbagai yayasan di Kota Surabaya. Hal ini sebagai bukti jika kalangan DPRD Surabaya masih memiliki atau mau menyisihkan waktunya untuk urusan non-duniawi, utamanya soal pembentukan akhlak berbangsa dan bernegara yang berlandaskan agama melalui berbagai pertemuan ke masyarakat, termasuk saat jadwal kunjungan ke masyarakat (reses).

Saat berbagi bersama anak yatim piatu itulah, seluruh pimpinan, anggota dan staf DPRD Surabaya menggelar acara buka puasa bersama 130 anak yatim piatu. Jumlah ini tentu merupakan peningkatan, karena sebelumnya berjumlah 100 anak yatim piatu.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Surabaya Armudji menyampaikan rasa sukur dan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara buka bersama anak yatim di lobi gedung DPRD Surabaya Jl Yos Sudarso.

Tampak hadir tiga unsur pimpinan dewan lainnya seperti Ratih Retnowati asal Demokrat, Masduki Toha asal PKB dan Darmawan asal Gerindra serta beberapa anggota lainnya.

Sebagai pengisi tauziah adalah Yuzuar Datuk, mantan anggota DPRD Surabaya asal PAN. Yuzuar Datuk mengangkat tema tentang manfaat memperhatikan dan menyantuni anak yang berstatus yatim, piatu dan yatim piatu. Namun Datuk juga sempat memberikan sindiran soal mulianya mengemban tugas sebagai wakil rakyat, jika amanah itu dilaksanakan dengan baik, maka akan memberikan kehidupan yang baik pula di dunia maupun di akhirat kelak.

“Menjadi anggota dewan itu adalah tugas yang sangat mulia, jika bisa menjalankan amanah itu dengan baik. Insya Allah akan mendapatkan tiket untuk masuk surga,” paparnya dalam tauziah Ramadaan tersebut.
Jelang akhir acara, seluruh pimpinan dan staf DPRD Surabaya terlibat langsung memberikan santunan kepada seluruh anak yatim piatu, yang kemudian disambung dengan doa bersama.

Harapannya, kegiatan sosial wakil rakyat Surabaya dapat terus berlangsung. Bahkan agenda kebaikan wakil rakyat ini akan terus dipertahankan setiap tahun. Dan harapannya, akan lebih banyak lagi anak-anak yang kurang beruntung itu disantuni. (windhi/adv)