Tiga Bom Bunuh Diri Di Bandara Istanbul Tewaskan Puluhan Orang

Rabu, 29 Jun 2016 | 17.00 WIB

Tiga Bom Bunuh Diri Di Bandara Istanbul Tewaskan Puluhan Orang

Kondisi dan korban bom di Bandara Ataturk, Istanbul, Turki (IST)


Centroone.com - Serangan teror bom bunuh diri kembali terjadi.  Serangan terjadi di bandara Ataturk, Istanbul, Turki, pada Selasa (28/6/2016)  atau Rabu pagi WIB.

Jumlah korban sendiri masih simpang siur, namun berdasarkan keterangan sejumlah pejabat Turki, jumlah korban tewas diatas 20 orang sementara korban luka diatas 100 orang. Bandara Ataturk merupakan salah satu bandara tersibuk di benua Eropa, setelah Heathrow di London dan Charles de Gaulle di Paris.

Laporan awal diterima Gubernur Istanbul Vasip Sahin menyebutkan 28 orang tewas dan 60 orang terluka, namun seorang pejabat senior Turki, yang tidak bersedia namanya disebut, mengatakan kepada Associated Press (AP) bahwa jumlah korban tewas telah bertambah menjadi 50 orang. Menurut Gubernur Istanbul, pelaku serangan diduga tiga orang.  “Diperkirakan tiga pengebom bunuh diri melakukan serangan di tiga tempat berbeda di bandara," kata Vasip Sahin. Sementara itu laporan BBC menyebutkan, 41 orang tewas dan 230 lainnya mengalami luka.

Para tersangka dipersenjatai dengan senapan serbu Kalashnikov. Menurut media, sebelum ledakan bom terdengar tembakan di tempat parkir bandara.Belum ada kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Istanbul itu. Namun berdasarkan berbagai kejadian serangan bom sebelumnya di Turki, hanya ada dua kelompok yang mengklaim yakni pejuang Kurdi dan Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS)

Akibat ledakan itu, semua penerbangan dari dan ke bandara Ataturk dibatalkan.  Para calon penumpang bergegas kembali ke hotel atau rumah mereka. Media sosial Facebook telah mengaktifkan fitur ‘Safety Check’ bagi orang-orang di sekitar lokasi bandara Ataturk. bbs