Peresmian Jembatan Suroboyo 9 Juli, Dipastikan Penuh Kemeriahan

Rabu, 29 Jun 2016 | 02.00 WIB

Peresmian Jembatan Suroboyo 9 Juli, Dipastikan Penuh Kemeriahan


Centroone.com - Setelah lebaran Idul Fitri, Pemkot Surabaya akan punya acara besar. Yakni peresmian Jembatan Suroboyo disaat suasana libur lebaran warga Surabaya dan sekitarnya. Momen keren ini memang sudah lama ditunggu masyarakat.

Peresmian itu tepatnya pada Sabtu (9/7/2016) malam, sejak pukul 19.00. Bahkan, peresmian jembatan baru yang memiliki ikon air mancur menari warna-warni ini akan digelar secara meriah.

Sebelum peresmian itu, agar acaranya sukses, maka digelar rapat koordinasi (Rakor) rencana peresmian Jembatan Suroboyo di ruang sidang Sekkota Surabaya, Balai Kota Surabaya, Selasa (28/6/2016). Hadir dalam Rakor tersebut, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan (PU BMP), Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pertanian, Satuan Polisi Pamong Praja, Bakesbangpol Linmas, Bagian Umum, Bagian Humas serta jajaran Muspika dan aparat terkait.

Rapat yang dipimpin Sekkota Surabaya Hendro Gunawan tersebut membahas banyak hal. Utamanya tentang teknis pelaksanaan peresmian Jembatan Suroboyo dan juga pengaturan lalu lintas ketika peresmian dan terkait pengamanannya.

Pengamanan menjadi salah satu hal yang dibahas intens. Ini karena Pemkot Surabaya akan mengundang kepala daerah (bupati/wali kota) di Jawa Timur untuk menyaksikan secara langsung peresmian jembatan megah sepanjang 800 meter ini. Termasuk juga kepala daerah yang menjadi sister city-nya Surabaya. Dan tentunya, akan ada warga atau pengunjung yang ingin menjadi saksi momen yang ditunggu-tunggu ini.

“Apalagi suasananya masih libur Lebaran sehingga akan ada banyak pengunjung datang. Ini tentunya perlu diantisipasi faktor keamanan dan potensi kecelakaan. Personel Linmas dan Satpol PP serta personel dari kecamatan juga ikut melakukan pengamanan di atas jembatan untuk mengantisipasi, semisal bila ada pengunjung yang dorong-dorongan,” tegas Sekkota Hendro Gunawan.

Disampaikan Sekkota, peresmian Jembatan Suroboyo akan dikemas semeriah mungkin. Selain pertunjukan air mancur warna-warni plus iringan musik lagu-lagu khas Surabaya yang ditunggu-tunggu, juga akan ada acara hiburan seperti tampilan band anak muda Surabaya, serta tari remo anak-anak yang akan membuat semarak acara itu.

“Peresmian Jembatan Suroboyo harus dibuat semenarik mungkin. Karena ini Jembatan Suroboyo investasi Surabaya. Kalau gebrakan di awal sudah bagus, tentunya ini akan menjadi ikon bagi Surabaya,” sambung mantan Kepala Bappeko Surabaya ini.

Sementara Kabag Humas Pemkot Surabaya Muhamad Fikser menambahkan, peresmian Jembatan Suroboyo akan dikemas secara spektakuler. Termasuk akan dihiasi pertunjukan lighting menawan plus pesta kembang api diakhir acara. “Akan ada lighting dan kembang api. Kami maunya yang wow. Karena kalau biasa-biasa saja, masyarakat sudah melihatnya melalui televisi dan juga youtube,” ujar Fikser.

Kepala Dinas PUBMP, Erna Purnawati mengatakan, secara umum persiapan peresmian Jembatan Suroboyo sudah oke, tinggal menentukan detailnya. Pihaknya juga sudah menyiapkan prasasti peresmian yang nantinya akan ditandatangani Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. “Sebelumnya, kami juga sudah dua kali melakukan uji coba air mancur warna warni termasuk dengan mengundang teman-teman wartawan,” ujarnya.

Selain peresmian Jembatan Suroboyo, nantinya Sentra Ikan Bulak (SIB) juga akan dimeriahkan oleh para pelaku UKM yang menjajakan produknya. Termasuk warga yang sehari-hari telah berjualan hasil olahan khas laut di SIB. Tentunya ini sesuai harapan wali kota agar keberadaan Jembatan Suroboyo mampu mendongkrak potensi SIB sebagai katalisator percepatan pertumbuhan ekonomi warga Bulak dan sekitar nya. (windhi/by)