Kembali Gagal Bawa Argentina Juara, Messi Pensiun Dari Timnas

Selasa, 28 Jun 2016 | 03.00 WIB

Kembali Gagal Bawa Argentina Juara, Messi Pensiun Dari Timnas

Lionel Messi (IST)


Centroone.com - Argentina kalah 2-4 (adu penalti) oleh Chile di final Copa America Centenario, Senin (27/6/2016) kemarin. Kekalahan tersebut, memberikan arti mendalam bagi sang pemain terbaik Argentina, Lionel Messi.  Kekalahan untuk yang kesekian kali bersama timnas di final turnamen besar itu, menorehkan rekor buruk dalam sederet rekor manis Messi.

Sejak berkostum timnas Senior Argentina pada 2005 Messi sudah tampil 112 kali dan mencetak 55 gol menjadikan dirinya sebagai pemain tersubur sepanjang sejarah Timnas Argentina. Tapi, Messi belum memberikan satupun trofi mayor untuk negaranya. Dia cuma bisa mengantar Argentina sampai final Piala Dunia 2014, final Copa America 2015, dan final Copa America Centenario. Semuanya gagal dituntaskan menjadi juara. Trofi turnamen selama berkostum  Argentina adalah  Piala Dunia Junior (U20) pada 2005  dan medali emas Olimpiade di Beijing pada tahun 2008.  Tentu saja bertolak belakang saat Messi berkostum Barcelona dan merajai Eropa.

Kegagalan di Copa America Centenario, dimana Messi menjadi salah satu penendang penalti yang gagal, dan dapat kartu kuning karena dianggap melakukan diving di babak pertama, membuat sang bintang akhirnya memilih mundur dari timnas Argentina di usia 29 tahun.   "Buatku, tim nasional selesai. Aku sudah mencoba yang sebisaku, menyakitkan tidak menjadi juara bersama Argentina. Aku tidak bisa meraihnya. " ucap Messi usai laga seperti dilansir dari AS.

Saat dikonfirmasi apakah keputusannya sudah final, dia menjawab: "Ya, saya pikir iya". "Di ruang ganti pemain saya berpikir kalau tim nasional sudah berakhir, itu bukan buat saya," demikian ungkap Messi seperti di-Tweet oleh akun resmi Timnas Argentina. bbs