Ribet, Surabaya Lepas Terminal Purabaya

Senin, 27 Jun 2016 | 20.00 WIB

Ribet, Surabaya Lepas Terminal Purabaya

Terminal Bungurasih atau Purabaya (dok Centroone)


Centroone.com -Sengketa bagi hasil terminal Purabaya antara Pemkot Surabaya dengan Pemkab Sidoarjo mencapai titik akhir. Pemkot  Surabaya terlihat sudah jenuh dengan permasalahan tersebut, dan siap melepas terminal tersebut. Hal ini disampaikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, saat berbuka puasa di kediamannya, Senin (27/6/2016).

Dengan tegas walikota mengatakan akan melepas terminal yang sempat menjadi terminal  terbesar se-Asia Tenggara tersebut. “Kayaknya akan saya lepas. Terlalu ribet dan berkepanjangan mengurusi masalah itu. Daripada terus ruwet, mending kita lepas,” tegas Risma, sapaan akrab wali kota perempuan pertama di Surabaya ini.

Namun Risma, tak menyebutkan secara detil tentang alasan pelepasan terminal itu. Dia hanya mengatakan bahwa masalah itu terlalu berkepanjangan dan menyita waktu. Risma menjelaskan, sebelum pihaknya melepas terminal itu, maka akan terus berkoordinasi dengan pihak Kementerian Perhubungan. Sebab, sebelumnya, Pemkot Surabaya sudah berkirim surat ke Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Perhubungan.

Disinggung terkait aset yang dimiliki Surabaya. Risma dengan tegas mengatakan bahwa aset itu tak ada ganti ruginya. Artinya Surabaya siap rugi jika melepas terminal Purabaya tersebut. Plt Kepala Dinas Perhubungan Surabaya Irvan Wahyu Drajat juga membenarkan masalah itu. “Kalau itu memang sudah kemauan kepala daerah, tentu pihaknya tak bisa berbuat banyak,” tegas dia. (windhi/by)