PDB Mitra Warga Dibuka, Bisa Pilih Sekolah Dekat Rumah

Jumat, 24 Jun 2016 | 06.00 WIB

PDB Mitra Warga Dibuka, Bisa Pilih Sekolah Dekat Rumah

Pendaftaran siswa baru (dok Centrone)


Centroone.com - Sejak Kamis (23/6/2016), Dinas Pendidikan Surabaya membuka penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur mitra warga. Pendaftaran mitra warga ini dilakukan hanya sampai Sabtu (25/6/2016), karena itu warga yang benar-benar tak mampu harus memanfaatkan momen tersebut.

Selain pendaftaran melalui jalur mitra warga, dinas juga membuka pendaftaran satu lokasi, inklusi dan jalur umum. Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya  Dr Ikhsan S.Psi, MM menyampaikan, PPDB jalur prestasi bakal ditutup pada Sabtu (26/6/2016). Meski demikian, jalur lain akan dibuka mulai hari ini, yaitu mitra warga, satu lokasi, dan inklusi untuk tingkat SMPN, SMAN, dan SMKN.

"Kuota mitra warga hanya 5 persen dari total pagu sekolah," katanya.

Pendaftaran jalur mitra warga, satu lokasi, dan inklusi dilakukan di sekolah yang dituju. Dia menambahkan, pendaftaran jalur mitra warga bukan di kantor Dispendik Surabaya, namun berada di sekolah tujuan. Tiga jalur pendaftaran, mitra warga, satu lokasi dan inklusi ni ditutup sampai Sabtu (25/6/2016). Untuk jalur umum sampai Senin (28/6/2016).

Ikhsan menyatakan, jalur mitra warga khusus bagi warga Kota Surabaya. Dengan begitu, salah satu syarat pendaftaran membawa kartu keluarga (KK) Surabaya, hingga surat keterangan miskin (SKM) yang masih berlaku.

Mantan Kepala Bapemas dan KB Kota Surabaya ini megimbau agar dalam memilih sekolah, pendaftar hanya diberi satu pilihan. Sedangkan untuk SMKN, hanya memilih satu program keahlian dalam satu sekolah.

"Nanti untuk jalur mitra warga, ada survei ke lapangan. Mengecek kebenaran data kurang mampu. Setelah hasil data survei itu, pendaftar juga bakal diterima berdasarkan ranking hasil Unas," ungkapnya.

Untuk jalur mitra warga, satu lokasi, dan inklusi diimbau Ikhsan agar para pendaftar mendaftarkan putra/putrinya ke sekolah-sekolah yang dekat rumah.

"Namun, ada pengecualian lain. contohnya, pendaftar ber-KK di Gubeng, kemudian karena tempat kerja orangtua berada di Benowo dan mengharuskan kontrak di sana, pendaftar bisa daftar di Benowo dengan dikuatkan surat keterangan domisili," urainya.

Sementara itu, para wali murid yang memilih PPDB jalur prestasi harus siap dengan segala keputusan yang ditetapkan Dispendik Surabaya. Termasuk dalam menentukan sekolah yang akan dituju. Sebab, jika sudah ditetapkan lolos lewat jalur prestasi, maka siswa tidak diperbolehkan mengikuti jalur lain. Kendati sekolah yang menerima ternyata tidak sesuai dengan harapan siswa atau wali murid. (windhi/by)