Dilekatkan Di Badan, Penyelundupan 580 iPhone-Galaxy S7 Digagalkan

Rabu, 22 Jun 2016 | 20.00 WIB

Dilekatkan Di Badan, Penyelundupan 580 iPhone-Galaxy S7 Digagalkan

Para pelaku dan ponsel di badan yang akan diselundupkan (IST)


Centroone.com - Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya akan jatuh juga. Peribahasa itu sepertinya cocok untuk para penyelundup ponsel di China ini.  Akibat curiga terhadap salah satu tersangka, polisi berhasil membongkar usaha penyelundupan 580 ponsel yang dilakukan oleh 8 orang pelaku. Ponsel - ponsel diselundupkan dengan diikat di tubuh para pelaku tersebut.

Penyelundupan itu terbongkar setelah petugas di pos pemeriksaan pelabuhan Huanggang,  Shenzhen menyadari seorang pria berjalan dalam kondisi mencurigakan ketika melalui pemeriksaan keamanan. Ketika detektor logam berbunyi, dia diperiksa dan pihak berwenang menemukan 35 ponsel pada kaki dan tali pinggangnya.

Rekannya jelas tidak menyadari apa yang terjadi karena dalam lima menit setelah dia ditahan, enam lagi temannya ditahan. Tujuh dari delapan pelaku itu  dilaporkan memiliki catatan menyelundupkan. Menurut laporan CCTV News, ponsel yang diselundupkan adalah dari merek iPhone dan  Samsung Galaxy S7 Edge yang diperkirakan bernilai lebih 1,3 juta yuan.

Penyelundupan iPhone dan barang elektronik senilai tinggi dari Hong Kong ke China daratan biasanya dilakukan  dengan tujuan untuk meraup untung berlipat. Mei tahun lalu, seorang pria mencoba menyelundupkan 18 ponsel dengan menyembunyikannya di tempat khusus yang dibuat di sepedanya. by