6 Tip Mengatur THR dan Pengeluaran Jelang Lebaran

Sabtu, 18 Jun 2016 | 08.06 WIB

6 Tip Mengatur THR dan Pengeluaran Jelang Lebaran

centroOne/Istimewa


Centroone.com - Lebaran selalu identik dengan peningkatan belanja.

Sekalipun sudah ada THR, kadang tetap terasa tak cukup. Nah, bagaimana mensiasatinya?

Menjelang Idul Fitri, daya beli kita biasanya makin meningkat. Maklum kali ini tak hanya ada gaji yang siap diandalkan, Tunjangan Hari Raya (THR) juga seolah siap untuk dihabiskan.

Tak hanya itu, para pelaku bisnis dan penyedia keperluan Lebaran pun ikut berlomba menyediakan barang-barang yang dibutuhkan dengan harga yang seringkali menggoda. Jika tak hati-hati dan menahan diri, bisa-bisa gaji dan THR habis sebelum waktunya.

Padahal kalau dipikir-pikir selama bulan puasa harusnya kita bisa berhemat, karena ada satu waktu makan yang ditiadakan, yaitu makan siang. Faktanya, pengeluaran di bulan puasa dan Lebaran justru bisa meningkat 25-50% dibandingkan dengan bulan-bulan lain.

Penyebabnya? Apalagi kalau bukan harga bahan pokok yang selalu naik setiap bulan puasa dan Lebaran, budaya berbuka puasa bersama di luar bersama teman dan kerabat, membuat kue-kue dan makanan menjelang Lebaran dan tradisi mudik.

Nah, bagaimana agar kita bisa mengatur pengeluaran menjelang Lebaran? Termasuk juga mengatur penggunaan THR, agar manfaatnya bisa terasa lebih lama. Coba tip berikut seperti dikutip dari laman Chic.
NEXT