Zenbo Robot Murah Calon Teman Baik Manusia

Selasa, 31 Mei 2016 | 16.00 WIB

Zenbo Robot Murah Calon Teman Baik Manusia

Zenbo (IST)


Centroone.com - Kemajuan teknologi robot semakin dekat dengan manusia. Sudah banyak robot yang diciptakan dan dikenalkan, namun dengan proses pembuatan dan biaya produksi yang selangit, robot-robot tadi urung bakal jadi teman baik manusia.

Tapi semua berubah saat produsen elektronik ternama Asus, mengenalkan sosok Zenbo di event Computex di Taipei,Taiwan awal pekan ini. Sosok Zenbo jadi idola semua yang hadir di pameran teknologi itu.

Memiliki tinggi 2 kaki, dan bergerak dengan roda, wajah robot seharga USD 599 itu merupakan sebuah layar monitor yang berfungsi untuk melakukan panggilan video dan streaming film. Zenbo sendiri, seperti dilaporkan Computer World, cocok bagi keluarga yang memiliki lansia atau anak-anak." Zenbo membantu menjadi jembatan bagi jurang digital yang memisahkan dua generasi dengan membantu lansia melakukan panggilan video dan serta jejaring sosial menggunakan perintah suara. " Tukas pihak Asus.

Zenbo juga dilengkapi dengan tambahan gelang yang terkoneksi dengan aplikasi di smartphone anggota keluarga lain, untuk memberitahu jika seorang lansia terjatuh di dalam rumah.  

Sementara itu , untuk anak-anak Zenbo bisa membantu membacakan cerita, memutar video, serta membantu mematikan lampu. "Selama berdekade, manusia memimpikan punya rekan semacam itu. Yang pintar, baik, dan menuruti apa kata kita. Kami berambisi memberikan kesempatan setiap rumah memiliki robot terkomputasi" ujar  Chairman Asu  Jonney Shih diatas panggung Computex, sambil ditemani sejumlah petinggi Intel yang mengindiksikan Intel berada di balik otak Zenbo.   

Selain harga, Asus menutup rapat detail Zenbo. Teknologi di dalamnya,kapan mulai dijual masih jadi misteri. Tapi yang pasti Asus telah membuka peluang pengembang untuk mulai menciptakan aplikasi untuk Zenbo. Penasaran ingin punya robot dengan harga lebih murah dari smartphone premium? Kita tunggu saja. by