Bus Raksasa Pemakan Mobil, Solusi Inovatif China Atasi Macet

Minggu, 29 Mei 2016 | 10.00 WIB

Bus Raksasa Pemakan Mobil, Solusi Inovatif China Atasi Macet

Bus Raksasa China (IST)


Centroone.com - Sekelompok Insinyur di China - yang merupakan negara terpadat di dunia - berhasil menciptakan solusi untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas parah di negara.  Para insinyur itu berhasil menciptakan sebuah bus unik, yang merupakan perpaduan trem dan bus, dengan tinggi diatas rata-rata bus biasa  sehingga mampu bergerak di atas mobil lain di jalan raya.

Desain bus itu diungkapkan di Pameran Teknologi Internasional Beijing ke-19. Bus itu mampu membawa sampai 1.200 penumpang.  Model konsep bus itu dipamerkan minggu, dengan bus itu diperlihatkan berjalan di atas rel yang dibangun di tepian jalan, seperti halnya trem.

Menurut para insinyur yang membuatnya, desain bus itu memungkinkan lebih banyak ruang di jalan raya sehingga mengurangi kemacetan dibandingkan bus biasa. Bus ini juga diharapkan menghemat biaya dibandingkan pilihan transportasi umum lain seperti kereta api bawah tanah atau subway. 

"Dengan kapasitas membawa sampai 1.200 pada satu waktu, bus ini memiliki fungsi sama dengan kereta api bawah tanah sedangkan biaya pembangunannya hanya seperlima dari yang dibutuhkan untuk subway." ujar Kepala Insinyur proyek tersebut seperti dilansir dari CCTV. by