Ilmuwan Ciptakan Kayu Transparan,Sekuat Baja Sebening Kaca

Kamis, 26 Mei 2016 | 14.00 WIB

Ilmuwan Ciptakan Kayu Transparan,Sekuat Baja Sebening Kaca

Kayu Transparan (IST)


Centroone.com - Sejumlah Ilmuwan di University of Maryland baru-baru ini membuat sebuah karya menarik dengan menciptakan kayu transparan yang lebih kokoh dari kayu biasa. Menurut laporan CNN, ilmuwan memprediksi kayu transparan tersebut mampu menjadi pengganti plastik.

Menurut salah satu ilmuwan yang terlibat,  Dr. Liangbing Hu, kayu biasa harus menjalani beberapa proses kimia untuk menghilangkan warna kayu tersebut. Kemudian, beberapa unsur penguat seperti 'epoxies' digunakan untuk memperkuat struktur kayu. Selain plastik, kayu transparan juga berpotensi untuk menggantikan cermin.

Kat Dr. Liangbing, kayu merupakan 'insulator' yang alami, jadi kayu transparan mampu membagi suhu dengan efektif. "Kaca jendela adalah masalah besar pada musim panas dan musim dingin. Mereka memiliki pembagian suhu (thermal isolation) yang parah)," kata Dr. Liangbing.

Sementara Kayu transparan juga berpotensi memiliki kekuatan yang sama  atau lebih kuat dari baja namun dengan bobot lebih ringan.  "Cuma bedanya, kayu yang diperkuat akan lebih ringan dari baja itu sendiri," jelas Dr Liangbing. by