Les Elégants, Melihat Keberagaman Indonesia Dari Mata Wanita Prancis

Selasa, 17 Mei 2016 | 19.00 WIB

Les Elégants, Melihat Keberagaman Indonesia Dari Mata Wanita Prancis


Centroone.com - Rangkaian Printemps Français, festival seni yang diselenggarakan oleh Institut Prancis di Indonesia memasuki acara ke empat. Di acara ke-4 di kota Surabaya digelar pameran fotografi karya fotografer senior Prancis, Françoise Huguier. Dibuka mulai Selasa, (17/05/2015),pameran bertajuk Les Elégants itu akan diadakan sampai tanggal 27 Mei di Galeri Museum Surabaya (Siola), atas dukungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya.

Dalam pameran ini arek-arek Suroboyo bisa menyaksikan dari dekat karya-karya fotografer wanita yang dikenal  suka berpetualang ini. Françoise Huguier mengawali karirnya sebagai fotografer di sebuah surat kabar ternama Prancis, Liberation. Bersamaan dengan karir fotografinya di bidang mode, ia  berkeliling dunia selama bertahun-tahun, menghasilkan berbagai foto, khususnya di Siberia, Afrika, dan Asia Tenggara. Ia juga bekerja dalam bidang mode dan berkolaborasi dengan para perancang busana ternama Prancis untuk diterbitkan di berbagai majalah seperti Vogue, Marie Claire atau New York Times Magazine.

Pada tahun 2015,  Françoise Huguier mendapat undangan dari Institut Français Indonesia untuk residensi seni di Indonesia yang menginspirasinya untuk membuat karya foto pameran Les élégants. Perempuan muda berjilbab nan genit, gadis cilik berpakaian layaknya putri, anggota komunitas musik metal Bandung, Françoise Huguier membuat portrait yang kontras tentang Indonesia modern dan menakjubkan."  Les Elégants mengajak masyarakat Surabaya untuk menemukan pandangan seniman Prancis tentang kecantikan, kekayaan dan keberagaman Indonesia. " demikian ujar pihak IFI.

Tahun 2015, pameran Les Elégants digelar di Bandung dan Jakarta, atas prakarsa IFI, dan, tahun 2016 ini Les Elégants   ganti menyambangi Surabaya. Karya Françoise Huguier pernah ditampilkan di Surabaya pada tahun 2013, tentang perjalanannya di sejumlah negara Asia Tenggara , berjudul « Vertical – Horzontal ».saat itu IFI Surabaya bekerjasama dengan Univeritas Kristen Petra menggelar pameran tersebut di kampus UK Petra. by