Mungil, Komputer Ini Bisa Hidup Tanpa Listrik

Sabtu, 30 Apr 2016 | 18.00 WIB

Mungil, Komputer Ini Bisa Hidup Tanpa Listrik

WISP (IST)


Centroone.com - Lazimnya sebuah komputer atau laptop - seperti perangkat elektronik lainnya selalu membutuhkan baterai atau colokan listrik sebagai sumber tenaga.   Tapi komputer yang satu ini berbeda. Komputer benrama WISP yang merupakan kepanjangan dari Wireless Identification and Sensing Platform ini bisa hidup tanpa baterai dan listrik!.

Lalu bagaimana komputer ini bisa hidup? Sumber tenaga WISP berasal dari transmisi gelombang radio. Hal itu tak lepas dari bentuk mungil WISP, yang besarnya hanya selebar dua jari. Bentuk mungilnya memungkikan WISP disuplai dengan tenaga yang sangat kecil sehingga bisa ditransmisikan secara wireless dengan memakai transmitter RFID biasa. Demikian sepeti dilaporkan Tech Times.

WISP- yang dikembangkan oleh para peneliti di University of Washington ini, memang tidak memiliki kemampuan ala komputer atau smartphone,namun tetap memiliki power yang cukup untuk melakukan transfer data dan menjalankan sensor ala perangkat wearablet seperti FitBit.   

Bisa diprogram jarak jauh secara wireless, WISP juga bisa berfungsi untuk sarana komunikasi menggunakan sinyal radio yang bekerja mirip dengan kode Morse yang berguna saat kondisi darurat. bbs