Surabaya Butuh Banyak Compactor

Sabtu, 30 Apr 2016 | 06.00 WIB

Surabaya Butuh Banyak Compactor

Sampah di salah satu sungai di Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Kebutuhan kendaraan pengangkut sampah atau compactor di Surabaya masih besar. Untuk itu, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Surabaya bakal menambah jumlah kendaraan tersebut. Penggunaan kendaraan ini sangat efisien dan mampu mengurangi polusi saat pengangkutannya.

Kepala DKP Surabaya Khalid Buchari mengungkapkan, pada 2016 ini, pihaknya merencanakan akan menambah 15 unit mobil compactor yang tiap unitnya seharga Rp1,3 miliar. Saat ini, DKP sudah memiliki 17 compactor dan ini masih dianggap kurang. Kapasitas angkut kendaraan ini lebih besar dari kontainer sampah yang ada.

Kendaraan ini biasanya mengambil sampai di TPS dari bak sampah mini. Bak sampah mini berwarna hijau ini menggunakan penutup untuk menghindari masuknya air yang dapat menyebabkan bau. Bak sampah mini itu tersebar di Surabaya sebanyak 600 unit dengan kapasitas 660 liter.

Pengoperasian compactor ini sudah berlangsung sejak 2014. Namun dinas ini lebih banyak memberdayakan warga untuk memilah sampah sehingga mampu mengurangi penumpukan sampah di TPA Benowo. (windhi/by)