Surabaya Dukung Gerakan Kepariwisataan Nasional

Jumat, 29 Apr 2016 | 07.00 WIB

Surabaya Dukung Gerakan Kepariwisataan Nasional

Pantai Kenjeran,salah satu tempat wisata utama Surabaya (Centroone)


Centroone.com - Sektor pariwisata, saat ini tak bisa diremehkan. Sektor ini dalam pembangunan nasional menjadi sumber penerimaan devisa negara. Bahkan sesuai dengan kebijakan nasional, sektor ini juga mampu menciptakan sektor usaha, pembangunan infrastruktur serta penyerapan tenaga kerja.

Pemerintah pada 2019,menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 275 juta wisatawan nusantara (wisnus). Bahkan untuk mendukung itu, salah satu langkah Kementerian Pariwisata adalah memerkuat upaya-upaya pemberdayaan masyarakat di bidang pariwisata di seluruh wilayah di Indonesia, khususnya untuk meningkatkan kepedulian, dukungan dan partisipasi masyarakat.

Kegiatan Gerakan Nasional Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dimaksudkan untuk mengkampanyekan Sadar Wisata dan penguatan nilai-nilai Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan) di kalangan masyarakat. Gerakan Nasional Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona yang dilaksanakan di 90 kabupaten/kota di Indonesia diharapkan efektif meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam menciptakan iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di destinasi pariwisata.

Di Surabaya, gerakan ini disambut dengan baik. Sebab gerakan ini akan mendukung wisata ziarah Situs Wali Songo di Provinsi Jatim, Jateng dan Jabar. Situs Wali Songo diharapkan menjadi pilihan destinasi wisata minat khusus yang mampu menarik 18 juta wisatawan nusantara atau sekitar 15 persen dari target wisatawan nusantara pada 2019.

“Dalam waktu dekat, di Surabaya, aksi itu dimulai dari membersihkan Taman Bungkul yang merupakan makam Sunan Bungkul serta Kampanye Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona melalui seni pertunjukan tradisional,” ujar Yolanda dari pihak Kementerian Pariwisata. (windhi)