Tertibkan Sistem Rujukan Untuk Jadi RS Internasional

Jumat, 22 Apr 2016 | 08.00 WIB

Tertibkan Sistem Rujukan Untuk Jadi RS Internasional

RS Dr Soetomo (IST)


Centroone.com -Setiap tahun, pasien di RSU dr Soetomo selalu meningkat. Apalagi banyak pasien yang datang langsung ke rumah sakit plat merah itu tanpa rujukan. Untuk mengurangi membludaknya pasien, Gubernur Jatim Sokarwo menegaskan agar administrasi sistem rujukan harus dijalankan.

Dengan teraturnya sistem rujukan itu, maka mampu mengurangi jumlah pasien di RSU yang tanpa rujukan. Sistem rujukan kurang bisa berjalan efektif karena setiap ada pasien yang sakit dari daerah langsung dibawa ke RSU dr Soetomo.

“Masyarakat kita terbiasa langsung berobat ke dr Soetomo. Kalau tidak ke dr Soetomo mereka tak puas. Ini membuat pasien selalu meningkat. Berapa kalipun IRD dr Soetomo diperbesar, tetap saja tak mampu menampung pasien yang meningkat,” ujar Soekarwo.

Disarankan, warga terlebih dahulu bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan di tingkat desa atau kelurahan atau Puskesmas. Bahkan untuk BPJS saja harus lebih dulu melalui fasilitas kesehatan tingkat dasar, baru bisa melakukan rujukan ke RSU. Memang RSU dr Soetomo memiliki peralatan medis paling lengkap sehingga selalu jadi rujukan.

Bahkan ke depan, RSU dr Soetomo akan diwujudkan menjadi RS Internasional. Hal ini tentu akan semakin membantu warga. Pengobatannya juga bisa lebih canggih. Ini sebagai wujud untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Nantinya, dengan kesiapan RSU dr Soetomo go international, maka kapasitas pelayanan akan diperbesar. Pemprov Jatim akan mendorong RSU dr Soetomo untuk menambah standar pelayanannya. Saat ini, rumah sakini ini sedang memersiapkan diri untuk menuju akreditasi bertaraf internasional. Dalam hal ini, Kementrian Kesehatan menetapkan sistem Akreditasi Internasional yakni Joint Commission Internasional (JCI).

JCI merupakan lembaga badan akreditasi yang pertama kali terakreditasi oleh Internasional Standart Quality (ISQua) selaku lembaga penilai akreditasi internasional. Akreditasi JCI ini menjadi fokus komitmen utama dalam pencapaian bagi RSU dr Soetomo untuk mendapat pengakuan berstandar internasional. (windhi)