Pencegahan Anti Korupsi Dilakukan Sejak Dini

Selasa, 29 Mar 2016 | 02.00 WIB

Pencegahan Anti Korupsi Dilakukan Sejak Dini

ilustrasi (IST)


Centroone.com - Pemkot Surabaya bekerja sama dengan Australia Indonesia Partnership, Komisi Pemberantasan Korupsi, dan Australian Aid menggelar Seminar Guru Anti Korupsi, Penggerak Perubahan. Acara yang dihadiri 500 guru PAUD itu bertempat di Surabaya Convention Hall, Senin (28/3/2016). Selain guru acara itu juga dihadiri perwakilan kecamatan.

Saat itu, Judhi Kristantini selaku Senior Manager Anti Korupsi Australia Indonesia Partnership for Justice mengatakan, selama hampir dua tahun pihaknya menggelar pelatihan anti korupsi dengan aktor perempuan. Dalam satu tahun ini, gerakan anti korupsi menjadi gerakan mainstream tidak terikat gender, agama maupun kelompok.

Sementara Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, dalam mewujudkan Indonesia bebas korupsi, gerakannya dimulai dari usia dini sejak tahun ini. Pencegahan terintegrasi yang pihaknya lakukan dengan cara preemtif dan preventif. Preemtif dengan memberikan definisi tentang korupsi.

Dia menekankan, korupsi tidak selalu terkait dengan penangkapan besar-besaran dan pencegahan tidak hanya dilakukan oleh KPK saja, karena terbatas personil. Melalui acara inilah yang merupakan langkah preemtif. Sementara secara preventif, KPK telah membentuk Satgas terpadu terdiri dari anggota KPK, instansi rawan korupsi, dan pihak terkait. (Windhi/by)