Hadapi Persaingan Global, Pengelola Koperasi Wajib Sertifikasi

Selasa, 22 Mar 2016 | 08.00 WIB

Hadapi Persaingan Global, Pengelola Koperasi Wajib Sertifikasi

Kegiatan di salah satu koperasi di Surabaya (Centroone)


Centroone.com - emkot Surabaya akan melakukan sertifikasi untuk pengelola koperasi. Hal ini sangat penting karena tujuannya untuk meningkatkan daya saing koperasi agar lebih berkualitas.

Penerapan sertifikasi kompetensi SDM ini diberlakukan kepada pengelola koperasi jasa keuangan atau koperasi simpan pinjam. Sertifikasi ini untuk meningkatkan kompetensi para direktur ataupun manajer koperasi, sehingga mampu bersaing dalam pasar global.

Setidaknya keberadaan pengelola yang kompeten dan profesional menjadi syarat mutlak dalam pembentukan dan pengembangan koperasi di masa mendatang. Ini juga berguna agar catatan buruk tentang koperasi di masa lalu dapat dihilangkan.

Guna menjawab kebutuhan akan adanya ukuran kompetensi bagi pengelola koperasi, maka Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya mengadakan Diklat Fasilitasi Sertifikasi SKKNI–KJK KSP/USP Koperasi Bagi Pengelola Koperasi Di Kota Surabaya.

Peserta diharapkan memiliki kesiapan untuk menghadapi uji sertifikasi April mendatang sehingga semua koperasi di Surabaya memperoleh Sertifikasi Kompetensi. (windhi/by)