WhatsApp Hentikan Support Untuk BlackBerry

Minggu, 28 Feb 2016 | 15.00 WIB

WhatsApp Hentikan Support Untuk BlackBerry

ilustrasi WhatsApp (ist)


Centroone.com - Kabar buruk bagi para pengguna WhatsApp di smartphone BlackBerry dan Nokia.  Tahun 2016 bakal menjadi tahun terakhir bagi para pengguna BlackBerry dan Nokia menikmati layanan WhatsApp di smartphone mereka. Pasalnya, akhir tahun 2016 nanti, WhatsApp bakal menghentikan support bagi kedua platform tersebut. 

Layanan pesan instan milik Facebook itu menghentikan support untuk seluruh OS BlackBerry termasuk BlackBerry 10, Nokia S40 serta Nokia Symbian S60. Penghentian support juga berlaku bagi OS  Android versi 2.1, 2.2 dan Windows Phone 7.1. Keputusan itu diberlakukan WhatsApp untuk lebih berfokus pada sistem operasi yang banyak digunakan pengguna smartphone.

"Ketika memulai WhatsApp di 2009, penggunaan perangkat mobile sangat berbeda dari sekarang. App Store usianya masih beberapa bulan. Sekitar 70% smartphone yang terjual kala itu sistem operasinya BlackBerry atau Nokia, Sistem operasi yang ditawarkan Google, Apple dan Microsoft mencakup kurang dari 25% (sekarang 99,5%) dari seluruh perangkat mobile yang terjual kala itu. Seiring kami menatap masa depan ke 7 tahun lagi, kami ingin memfokuskan usaha kami pada platform mobile yang digunakan mayoritas orang," demikian pernyataan WhatsApp seperti dilansir dari Endgadget.

Keputusan WhatsApp sebenarnya bisa dibilang masuk akal untuk OS Symbian Nokia, Android versi 2.1, 2.2 dan Windows Phone 7.1 karena platform tersebut sudah tidak lagi memiliki banyak pengguna serta gadget yang berada di pasaran sudah tidak lagi mengusung sistem operasi tersebut.   Namun bagi keputusan turut menghapus dukungan untuk BlackBerry cukup disayangkan karena BlackBerry, meskipun sudah bukan lagi mayoritas masih memiliki cukup banyak pengguna.

Tidak diketahui apakah dengan penghentian support itu WhatsApp bakal menghilang dari toko aplikasi platform itu, atau hanya sekedar menghentikan update.  Dengan kondisi ini, maka di akhir tahun nanti , satu-satunya gadget Blackberry yang masih disupport WhatsApp adalah Blackberry Priv yang memang mengusung OS Android terbaru. bbs