Libur Panjang, Pemeriksaan Bus dan Sopir Diutamakan

Sabtu, 31 Des 2016 | 13.00 WIB

Libur Panjang, Pemeriksaan Bus dan Sopir Diutamakan

Anjing pelacak yang memeriksa barang bawaan penumpang.


Centroone.com - Dinas Perhubungan Kota Surabaya menggelar inspeksi (Ramp cek) armada bus AKAP dan AKDP di Terminal Tambak Oso Wilangun (TOW) dan Terminal Purabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk memantau kondisi bus AKAP dan AKDP, baik persyaratan administrasi maupun teknis laik jalan.

Pemeriksaan meliputi perlengkapan tanggap darurat bus dalam rangka menunjang libur bersama Tahun Baru 2017. Item yang diperiksa dari tiap bus meliputi surat-surat administrasi kendaraan, perlengkapan kendaraan bermotor dan kondisi kendaraan seperti lampu, kipas kaca dan ban. Hasil inspeksi yang diperoleh dari kegiatan ini yaitu ditemukan dua kendaraan bus yang melanggar.

Pelanggaran berupa kaca depan dengan kondisi pecah, Kartu Pengawasan (KPS) mati dan bus tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Uji Kendaraan (STUK). Kedua bus dikeluarkan dari terminal dalam keadaan kosong oleh pihak Dishub Kota Surabaya. Dengan adanya inspeksi ini diharapkan penumpang bus bisa nyaman selama berkendara dan selamat sampai tujuan.

Sementara pihak Kepolisian, Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Surabaya juga menggelar pemeriksaan di Terminal Purabaya. Pemeriksaan dilakukan khususnya pada barang bawaan penumpang di dalam bagasi bus dengan menggunakan anjing pelacak.

Selain itu dilaksanakan juga pemeriksaan urine para supir bus, untuk memastikan bahwa supir dalam keadaan fit untuk mengemudi. Kegiatan ini bertujuan agar masa libur natal dan tahun baru 2017 berlangsung kondusif sehingga para penumpang bisa berpergian dengan nyaman dan aman. (windhi/by)