Sambut 2017, Jembatan Tertinggi Dunia Diresmikan

Sabtu, 31 Des 2016 | 16.00 WIB

Sambut 2017, Jembatan Tertinggi Dunia Diresmikan

Jembatan Beipanjiang (IST)


Centroone.com - Di penghujung tahun 2016 ini, China memiliki tempat wisata baru yang luar biasa.  Jembatan tertinggi di dunia yang terletak di barat daya Cina, telah dibuka secara resmi oleh pemerintah China, pada Kamis, (29/12/2016) waktu setempat. 

Jembatan yang menelan biaya 114 juta poundsterling atau sekitar Rp 2 Trilian itu dibangun melintasi Sungai Beipan untuk menghubungkan kota Xuanwei di provinsi Yunnan dan Shuicheng di Guizhou.

'Tergantung' hampir 565 meter di atas jurang, jembatan yang disebut Jembatan Beipanjiang berfungsi untuk mengurangi waktu perjalanan selama hampir empat jam bagi pengguna jalan raya dari dan menuju kedua kota tersebut.




Jembatan sepanjang 1.33 kilometer dengan infrastuktur canggih serta empat jalur untuk menampung arus lalu lintas tinggi dalam satu kesempatan itu memakan waktu pembangunan hampir tiga tahun. 

Beberapa waktu lalu sempat beredar video yang memperlihatkan sejumlah pekerja di konstruksi jembatan itu pada ketinggian yang mengerikan beredar luas di internet.  

Selain itu, juga ada rekaman video saat para insinyur memasang struktur baja besar pada jembatan itu. Video itu memperlihatkan kelompok insinyur gigih menghubungkan struktur pada sebagian besar area jembatan pada ketinggian yang mengagumkan dengan suasana kabut tebal.

Selain Jembatan Beipanjiang, China turut memegang rekor memiliki jembatan kedua dan ketiga tertinggi di dunia yaitu Jembatan Sungai Sidu dan Jembatan Puli.   by