Pembangunan Patung Tertinggi Dunia Dimulai

Sabtu, 31 Des 2016 | 20.00 WIB

Pembangunan Patung Tertinggi Dunia Dimulai

Desain patung tertinggi dunia di Mumbai (IST)


Centroone.com - Akhir pekan lalu, tepatnya sehari sebelum Natal, Pemerintah India yang diwakili Perdana Menteri Narendra Modi, memulai pembangunan patung tertinggi dunia.  Dalam kesempatan itu Narendra Modi meletakkan batu pertama dari proyek prestius yang dikabarkan menelan biaya sebesar  36 miliar rupee atau sekitar Rp 7,1 Triliun.

Proyek itu sendiri merupakan proyek patung pemimpin abad ke-17, Chhatrapati Shivaji Maharaj setinggi 192 meter akan dibangun barat Mumbai dekat Laut Arab dan diharapkan selesai sepenuhnya pada 2019. Namun bukannya bangga atas patung itu, sejumlah masyarakat India justru menolak tegas patung tersebut.

Biaya pembuatan patung yang luar biasa besar itu dianggap tidak berguna,sehingga memicu kritik dan petisi protes terhadap proyek tersebut. Mereka yang mengajukan protes mendesak pemerintah menyalurkan uang yang digunakan untuk membangun patung itu untuk proyek infrastruktur, pendidikan dan pengembangan masyarakat. Sampai hari ini, lebih 27.000 orang telah menandatangani petisi online, Change.org yang mendesak pemerintah membatalkan proyek itu.
 
Chhatrapati Shivaji Maharaj sendiri adalah  pendiri Kekaisaran Maratha yang dengan ideologi Hindavi Swarajberhasil menguasai banyak wilayah di India barat selama kekuasaannya. Pada puncak kejayaannya, Maratha menguasai hampir seluruh India modern. by